Kompas.com - 21/10/2021, 18:23 WIB
Tes MBTI termasuk dalam tes kepribadian yang populer. SHUTTERSTOCKTes MBTI termasuk dalam tes kepribadian yang populer.

KOMPAS.com - Perbincangan soal tipe kepribadian manusia tak luput dari banyaknya orang yang merasa sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya, baik dengan teman sekolah, keluarga, maupun teman di kantor.

Ada yang menilai dirinya sulit beradaptasi, tidak mampu bekerja dengan baik, kesulitan dalam berkomunikasi, hingga tidak bisa memahami perintah yang diberikan.

Alhasil, mereka yang merasakan hal tersebut, ramai-ramai melakukan tes psikologi untuk mengetahui jenis kepribadiannya.

Dari sekian banyak tes psikologi yang banyak diikuti, MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator menjadi salah satu yang paling populer. 

Apakah itu tes MBTI?

Singkatnya, tes ini diprakarsai oleh Isabel Myers dan Katherine Briggs. Keduanya mengembangkan tes MBTI pada medio 1940-an berdasar teori tipe kepribadian yang pernah dikemukakan Carl Jung.

Baca juga: Dua Tipe Kepribadian Seseorang Saat WFH, Kamu yang Mana?

Myers dan Briggs lantas membuat penelitian guna mencari perbedaan dari kepribadian tiap individu saat Perang Dunia II masih berlangsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peserta yang ikut dalam penelitian pertama mereka adalah sanak keluarga dan teman Myers dan Briggs. Mereka mengisi daftar kuisioner yang diberikan dengan pensil dan bolpoin.

Penelitian itu dilakukan sebab keduanya ingin membantu orang dalam memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan tipe kepribadiannya, sehingga dapat menjalani hidup secara lebih sehat dan bahagia.

Myres dan Briggs juga ingin respondennya dapat mengeksplorasi dan memahami kepribadian mereka, termasuk mengetahui kesukaan, ketidaksukaan, kelemahan, dan kekuatan.

Keduanya menyimpulkan tidak ada tipe kepribadian yang "terbaik" atau yang "paling baik" dari yang lain. Sebabnya, MBTI bukanlah tolok ukur untuk menilai disfungsi atau keabnormalan pada seseorang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.