Kompas.com - 22/10/2021, 16:51 WIB
Mempraktikkan olahraga untuk menurunkan berat badan dapat membantu kita mencapai target berat badan dengan lebih cepat. SHUTTERSTOCKMempraktikkan olahraga untuk menurunkan berat badan dapat membantu kita mencapai target berat badan dengan lebih cepat.

KOMPAS.com - Selain mengatur pola makan sehat dan seimbang, melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan juga tak kalah pentingnya.

Olahraga membantu membakar kalori lebih banyak dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan lainnya, termasuk memperbaiki suasana hati, menguatkan tulang, dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Menurut WebMD, untuk menurunkan berat badan, kita bisa menargetkan aktivitas intensitas sedang setidaknya 300 menit per minggu.

Baca juga: 20 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok untuk Diet

Olahraga untuk menurunkan berat badan

Selain jenis olahraga, frekuensi dan intensitas menjadi hal penting lainnya yang perlu diperhatikan jika kita ingin menurunkan berat badan.

Misalnya, melakukan Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) tentu membakar lebih banyak kalori daripada jalan kaki dengan kecepatan rendah.

Namun, memvariasikan jenis olahraga untuk diet bisa membuat rutinitas lebih menyenangkan sehingga dapat dipertimbangkan untuk jangka panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang dapat kita coba:

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja.FREEPIK/JCOMP Jalan kaki adalah jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja.
Jalan kaki adalah jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja.

Menurut Healthline, ini adalah pilihan olahraga yang cocok bagi orang-orang yang baru memulai rutinitas olahraga. Sebab, jalan kaki merupakan olahraga low-impact. Artinya, olahraga ini tidak memberi tekanan terlalu besar pada sendi-sendi.

Menurut Harvard Health, individu dengan berat badan sekitar 70 kg, misalnya, bisa membakar sekitar 167 kalori per 30 menit jalan kaki dengan kecepatan sedang atau sekitar 6,4 km/jam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.