Kompas.com - 27/10/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi jus buah. FREEPIK/LIFEFORSTOCKIlustrasi jus buah.

KOMPAS.com - Jus buah murni merupakan salah satu minuman yang paling sering direkomendasikan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Minuman ini juga menjadi alternatif untuk diet menurunkan berat badan, khususnya tanpa tambahan gula maupun susu. Konsumsi jus berbagai buah-buahan mengenyangkan sehingga sering dijadikan pilihan sarapan maupun camilan di sela aktivitas yang padat.

Tinggal di negara tropis, kita memiliki banyak pilihan buah yang bisa dibuat menjadi jus. Jenis buah yang dinikmati bisa disesuaikan dengan selera, musim maupun kebutuhan nutrisi.

Selain itu, jus buah juga mudah didapatkan tanpa repot membuatnya sendiri. Kini ada banyak penjual jus buah murni sehingga kita bisa mengkonsumsinya kapan saja.

Baca juga: 10 Resep Jus Buah Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan Anak dan Orangtua

Kunci membuat jus buah yang sehat

Jus buah memang kaya manfaat khususnya untuk kesehatan dan pencernaan tubuh kita. Namun ternyata minuman ini tidak bisa dijadikan alternatif makanan utama.

"Jus bisa menjadi bagian dari diet sehat, tapi bukan pengganti buah dan sayuran utuh, terutama karena Anda tidak mendapatkan serat," jelas Dana Angela White, RD, ahli gizi terdaftar di New York, Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun ia mengakui jika jus buah memiliki manfaat besar khususnya dalam mendapatkan nutrisi dan hidrasi tubuh. Ia mengajurkan untuk membuat jus buah murni sendiri atau membelinya dengan bahan yang paling sederhana tanpa campuran.

Menurutnya, ada sejumlah prinsip yang harus diterapkan agar jus buah yang kita nikmati optimal nutrisinya.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Melon yang Sayang Dilewatkan

Cek kandungannya

Jika membeli jus buah murni dalam kemasan, baik produksi rumahan atau brand ternama, pastikan untuk membaca tabel Informasi Nilai Gizi (ING) atau kandungan nutrisinya.

Hanya karena jus buah tersebut bertuliskan "sehat" pada labelnya, bukan berarti minuman tersebut benar-benar baik untuk kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber MSN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.