Kompas.com - 03/11/2021, 16:17 WIB
Memang tidak ada makanan ajaib yang dapat menstabilkan tekanan darah, namun mengonsumsi makanan untuk menurunkan darah tinggi secara rutin dapat memberikan hasil signifikan jika diterapkan sebagai strategi jangka panjang. PEXELS/THIRDMANMemang tidak ada makanan ajaib yang dapat menstabilkan tekanan darah, namun mengonsumsi makanan untuk menurunkan darah tinggi secara rutin dapat memberikan hasil signifikan jika diterapkan sebagai strategi jangka panjang.

KOMPAS.com - Memang tidak ada makanan "ajaib" yang dapat menstabilkan tekanan darah, namun mengonsumsi makanan untuk menurunkan darah tinggi secara rutin dapat memberikan hasil signifikan jika diterapkan sebagai strategi jangka panjang.

Menurut Medical News Today, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan menerapkan pola hidup sehat dapat memberikan keuntungan terhadap kondisi tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 11 Gejala Hipertensi yang Perlu Diwaspadai

Makanan untuk menurunkan darah tinggi

Berikut sejumlah makanan untuk menurunkan darah tinggi yang baik untuk dikonsumsi:

1. Buah beri

Blueberry dan stroberi termasuk makanan untuk menurunkan darah tinggi yang mengandung komponen antioksidan antosianin, sejenis flavonoid.PEXELS/LISA Blueberry dan stroberi termasuk makanan untuk menurunkan darah tinggi yang mengandung komponen antioksidan antosianin, sejenis flavonoid.
Blueberry dan stroberi termasuk makanan untuk menurunkan darah tinggi yang mengandung komponen antioksidan antosianin, sejenis flavonoid.

Menurut sebuah studi besar terhadap 34.000 orang dengan hipertensi, peserta yang mengonsumsi makanan tinggi antosianin, terutama dari blueberry dan stroberi, mengalami penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8 persen dibandingkan peserta dengan asupan antosianin rendah.

Buah beri dapat dikonsumsi sebagai camilan atau ditambahkan ke dalam menu smoothie atau oeatmeal.

Baca juga: 5 Manfaat Stroberi, Termasuk Membantu Turunkan Berat Badan

2. Pisang

Pisang tinggi akan kandungan kalium, mineral yang berperan penting untuk mengelola hipertensi. Itulah mengapa, pisang menjadi salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi.

Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram kalium.

Menurut American Heart Association, kalium dapat mengurangi efek sodium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.