Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2021, 06:06 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Terdapat sejumlah cara untuk mengusir lalat. Cara yang biasa dilakukan adalah menggantungkan plastik berisi air di atas makanan, raket antilalat, dan menyalakan lilin.

Keberadaan lalat di rumah memang mengganggu sebab serangga yang satu ini suka hinggap di atas kotoran, sampah, lalu hinggap ke makanan kita.

Padahal, tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat tersebut merupakan sarang virus, bakteri, kuman, termasuk parasit, yang bisa menempel pada makanan.

Karena lalat membawa risiko penularan penyakit bagi manusia, seperti gangguan pencernaan hingga trakhoma yang merupakan infeksi bakteri pada mata, banyak orang mencari cara untuk mengusirnya.

Cara lain yang juga biasa dilakukan orang-orang adalah menyemprotkan obat pembasmi lalat. Meski cara ini terbilang cepat dan ampuh, penggunaan bahan kimia tentu tidak baik bagi kesehatan manusia.

Baca juga: 9 Aroma untuk Mengusir Lalat dari Rumah

Maka, disarankan untuk mencari alternatif yang alami untuk mengusir lalat. Salah satunya dengan menanam tanaman yang keberadaannya tidak disukai oleh serangga ini.

Tanaman pengusir lalat

Ada sejumlah tanaman yang terbukti ampuh mengusir lalat. Daftar tanaman berikut ini bisa kamu temui di Indonesia dan dapat kamu tanam di rumahmu.

1. Catnip

Catnip yang disukai kucing ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.krblokhin Catnip yang disukai kucing ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.
Banyak orang mengira lalat hanyalah serangga pengganggu yang suka hinggap di tempat-tempat kotor. Lebih dari itu, ternyata ada juga jenis lalat yang berbahaya bagi manusia karena bisa menghisap darah.

Agar lalat jenis ini tidak masuk ke dalam rumah, kamu bisa mencegahnya dengan tanaman catnip. Keampuhan catnip untuk mengusir lalat diakui oleh American Chemical Society dalam laporannya yang diterbitkan tahun 2010.

Selain berguna mengusir lalat, catnip juga cocok bagi para pecinta kucing. Sebab, kucing suka memakan daun catnip dan bermain dengan tanaman ini.

Jika ingin menanam catnip di rumah, kamu bisa menanamnya di pot atau pekarangan rumah. Kemudian, hindari pemupukan dengan pupuk kimia, berikan sinar matahari yang cukup, tanah, dan keringkan dengan baik.

Baca juga: Apa Itu Catnip? Tanaman yang Bikin Kucing Mabuk

2. Serai

Ilustrasi tanaman lemongrass atau serai wangiy-studio Ilustrasi tanaman lemongrass atau serai wangi
Apabila kamu kesulitan menemukan catnip, cobalah alternatif lain dengan menggunakan serai untuk mengusir nyamuk.

Tanaman ini tentu tidak susah untuk didapat karena tersedia banyak di pasar, dapur, dan sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

Serai yang punya nama ilmiah Nardus cymbopogon memiliki aroma khas yang tidak hanya bermanfaat untuk mengusir lalat, tapi juga nyamuk.

Jika kamu ingin menanam serai, kamu perlu mengetahui jika tanaman ini lebih menyukai tanah yang lembab tetapi tidak tergenang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com