Kompas.com - 30/11/2021, 10:18 WIB
Sakit perut setelah sarapan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penyebab sederhana seperti makan berlebih atau penyebab yang lebih serius. SHUTTERSTOCKSakit perut setelah sarapan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penyebab sederhana seperti makan berlebih atau penyebab yang lebih serius.

KOMPAS.com - Sakit perut setelah sarapan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penyebab sederhana seperti makan berlebih atau penyebab yang lebih serius.

Menurut Livestrong, hal pertama yang perlu dilakukan ketika merasakan sakit perut setelah sarapan adalah mengingat kembali apa yang baru saja dikonsumsi dan berpotensi mengiritasi perut.

Jika gejalanya sudah mengganggu dan terjadi cukup sering, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengevaluasi penyebabnya.

Baca juga: Makan Sebelum Olahraga Bikin Sakit Perut, Mitos atau Fakta?

Penyebab sakit perut setelah sarapan

Beberapa penyebab sakit perut setelah sarapan termasuk makan terlalu banyak, alergi makanan, dan intoleransi makanan.SHUTTERSTOCK Beberapa penyebab sakit perut setelah sarapan termasuk makan terlalu banyak, alergi makanan, dan intoleransi makanan.

Beberapa penyebab sakit perut setelah sarapan antara lain:

1. Makan terlalu banyak

Menurut para pakar, penyebab paling umum sakit perut setelah sarapan atau pada waktu makan lainnya adalah karena makan terlalu banyak.

Menurut asisten profesor kedokteran dari fakultas penyakit pencernaan dan hati di Columbia University Medical Center, Suneeta Krishnareddy, MD, MS kepada Self, makan terlalu banyak bisa membuat perut sangat meregang.

Namun, perut yang meregang jni juga bisa disebabkan bakteri di saluran pencernaan mencoba membantu tubuh memecah makanan, yang dapat menyebabkan gas dan distensi.

Pada beberapa orang, peregangan itu menyebabkan rasa sakit atau kram perut.

Baca juga: 4 Menu Sarapan yang Bantu Lenyapkan Perut Buncit, Mau?

2. Intoleransi makanan

Intoleransi makanan adalah penyebab umum ketidaknyamanan pada perut setelah makan, termasuk sakit perut setelah sarapan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.