Kompas.com - 01/12/2021, 18:24 WIB
Mandi air dingin malam hari jelang waktu tidur mungkin terasa menyejukkan, terutama ketika cuaca sedang panas dan kita baru saja melakukan aktivitas di luar ruangan. FREEPIK/JCOMPMandi air dingin malam hari jelang waktu tidur mungkin terasa menyejukkan, terutama ketika cuaca sedang panas dan kita baru saja melakukan aktivitas di luar ruangan.

KOMPAS.com - Mandi air dingin malam hari jelang waktu tidur mungkin terasa menyejukkan, terutama ketika cuaca sedang panas dan kita baru saja melakukan aktivitas di luar ruangan.

Namun, apakah mandi air dingin di malam hari dapat memberi manfaat atau justru berbahaya bagi kesehatan?

Baca juga: Bolehkah Mandi Saat Demam?

Mandi air dingin malam hari

Mandi air dingin malam hari mungkin tidak meningkatkan kualitas tidur karena sifat stimulasi dari air dingin.SHUTTERSTOCK/MAMA_MIA Mandi air dingin malam hari mungkin tidak meningkatkan kualitas tidur karena sifat stimulasi dari air dingin.

Melansir Sleep Foundation, para peneliti mencoba mandi air dingin malam hari untuk mengoptimalkan suhu tubuh untuk tidur. Hasilnya beragam.

Sebuah studi menemukan, atlet yang membenamkan diri dalam air dingin selama 10 menit setelah olahraga malam hari mengalami penurunan suhu inti tubuh, lebih sedikit gairah malam hari, dan tidur lebih nyenyak dalam tiga jam pertama tidur.

Namun, tidak semua penelitian tentang mandi air dingin malam hari menjanjikan.

Studi lain menemukan bahwa berendam dalam air dingin setelah olahraga malam meningkatkan suhu tubuh inti pada awalnya, namun kemudian menyebabkan suhu tubuh inti lebih rendah pada empat hingga lima jam kemudian.

Meski begitu, penurunan suhu tubuh ini tampaknya tidak memengaruhi kualitas tidur.

Peserta penelitian juga mengalami peningkatan detak jantung setelah mandi air dingin malam hari.

Studi serupa terhadap pemain sepak bola remaja menemukan bahwa berendam di air dingin setelah sesi latihan malam tidak memengaruhi tidur mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.