Kompas.com - 03/12/2021, 07:54 WIB
Ada berbagai penyebab daya ingat menurun yang mungkin dialami seseorang. Beberapa tingkat masalah memori dan sedikit penurunan dalam keterampilan berpikir lainnya adalah hal yang cukup umum dari penuaan. FREEPIK/JANNOON028Ada berbagai penyebab daya ingat menurun yang mungkin dialami seseorang. Beberapa tingkat masalah memori dan sedikit penurunan dalam keterampilan berpikir lainnya adalah hal yang cukup umum dari penuaan.


KOMPAS.com - Ada berbagai penyebab daya ingat menurun yang mungkin dialami seseorang.

Kita semua terkadang melupakan sesuatu. Misalnya, lupa di mana menaruh kunci atau lupa dengan nama orang yang baru berkenalan dengan kita.

Menurut Mayo Clinic, beberapa tingkat masalah memori dan sedikit penurunan dalam keterampilan berpikir lainnya adalah hal yang cukup umum dari penuaan.

Namun, ada perbedaan antara perubahan normal dalam memori dan kehilangan memori yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan gangguan terkait.

Faktanya, beberapa masalah memori adalah akibat dari kondisi yang dapat diobati atau kebiasaan buruk yang sebenarnya bisa dihindari.

Baca juga: 11 Makanan Penambah Daya Ingat

Kebiasaan penyebab daya ingat menurun

Berikut beberapa kebiasaan penyebab daya ingat menurun yang sebaiknya dihindari:

  • Kurang tidur

Salah satu kebiasaan penyebab daya ingat menurun adalah kurang tidur.FREEPIK/WAYHOMESTUDIO Salah satu kebiasaan penyebab daya ingat menurun adalah kurang tidur.

Salah satu kebiasaan penyebab daya ingat menurun adalah kurang tidur.

Kebiasaan kurang tidur berkaitan dengan risiko demensia dan Alzheimer yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidurnya cukup.

Menurut OnHealth, kurang tidur pada orang dewasa dapat meningkatkan risiko ngantuk di siang hari, depresi, serta masalah perhatian dan memori.

Halaman Selanjutnya


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.