Kompas.com - 16/12/2021, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Kegiatan merawat diri atau yang sering disebut self care sangat penting kita jadwalkan agar kesehatan fisik dan mental selalu terjaga. Terlebih jika selama ini kita memiliki aktivitas yang padat dan menyita waktu.

Roxanne Sukol, MD, dokter di Cleveland Clinic mengatakan tidak ada hal yang lebih baik untuk melakukan self care selain menempatkan diri sendiri sebagai prioritas.

"Kita perlu mencintai dan bersikap baik pada diri sendiri, mengelola stres, tidur lebih nyenyak, menyehatkan tubuh, dan meningkatkan harga diri,” ujar Sukol.

Untuk kamu yang kesulitan mencari waktu self care di tengah padatnya rutinitas pekerjaan, ada banyak cara sederhana untuk melakukannya.

Self care tidak melulu dilakukan dengan perawatan tubuh yang mahal atau harus pergi ke tempat tertentu demi alasan menenangkan diri.

Baca juga: 5 Kebiasaan Self Care yang Rusak Sistem Imun Tubuh

Ada banyak cara sederhana untuk melakukan self care, baik di rumah maupun ketika berada di kantor. Lalu, apa sajakah itu? Simak yang berikut ini.

1. Bermeditasi selama 1 menit

Meski hanya sebentar, cobalah untuk memejamkan matamu sambil bermeditasi selama 1 menit. Cobalah cara ini saat kamu akan rapat atau mengantre di toko bahan makanan.

Tarik napas selama lima detik dan kemudian hembuskan selama lima detik. Ulangi cara ini sebanyak lima kali. Rasa tegang dijamin berkurang.

2. Menetapkan rencana untuk sehari

Menetapkan niat atau rencana setiap pagi dapat membantu kita mengatur kegiatan selama sisa hari.

Kamu bisa melakukannya dengan memikirkan hal-hal positif, seperti, "Hari ini akan menjadi hari yang baik”, “Saya akan melakukan yang terbaik hari ini” atau “Saya akan minum cukup air hari ini.”

Baca juga: Manfaat Afirmasi Positif bagi Diri dan Cara Mempraktikkannya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.