Kompas.com - 05/01/2022, 07:33 WIB
ilustrasi smoothie ilustrasi smoothie
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dari sayuran atau buah-buahan. Selain dimakan secara utuh, kita dapat mengonsumsi sayuran dan buah-buahan itu dalam bentuk smoothies.

Smoothie pada dasarnya memiliki tampilan menyerupai jus buah, namun lebih kental seperti milk shake karena tidak melewati proses penyaringan.

Minuman ini dapat digunakan untuk detoksifikasi atau membersihkan tubuh dari dalam, dan memenuhi kebutuhan nutrisi kita.

Tak hanya menyehatkan, smoothies juga dapat membantu kita melawan efek penuaan.

"Smoothies adalah pilihan yang baik bagi mereka yang mencari makanan padat nutrisi atau camilan yang mendukung mereka untuk merasa dan terlihat awet muda," ujar Kara Landau, ahli diet dan pendiri Uplift Food.

"Smoothies juga menggabungkan berbagai antioksidan, nutrisi yang baik bagi usus yang mendukung kesehatan kulit, kuku, dan rambut."

Mendukung pernyataan Landau, ahli diet Shena Jaramillo MS, RD menyebut smoothies adalah sumber yang baik untuk vitamin E, vitamin C, dan asam lemak omega-3 yang bersifat anti-peradangan dan mengurangi efek penuaan.

Baca juga: Jus atau Smoothie, Mana Opsi yang Lebih Sehat?

Mau tahu apa saja smoothies yang baik untuk melawan efek penuaan? Simak penjelasan para ahli di bawah ini.

1. Gut-healthy prebiotic fiber green smoothie

Landau menyarankan smoothie hijau serat prebiotik yang menyehatkan usus untuk sarapan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.