Kompas.com - 19/01/2022, 07:45 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kentang dan ubi memang merupakan satu keluarga. Dalam bahasa Inggris, kentang disebut potato, sedangkan ubi adalah sweet potato. Namun, tentu saja keduanya makanan berbeda.

Keduanya pun memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan dan cocok digunakan untuk diet karena rendah lemak. Namun, bagaimana jika keduanya diadu?

Nah untuk menjawab mana yang lebih baik dan sehat, begini jawaban dari ahli diet terdaftar Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD, speerti dilansir dari Cleveland Clinic.

Manfaat ubi dan kentang

Meski nampak memiliki penampilan yang biasa saja, dua umbi berbentuk oval ini merupakan hasil panen terbesar dunia dan sama pentingnya.

Petani memanen lebih dari 370 juta metric ton kentang di 2019, sementara ubi berhasil dipanen sebanyak hampir 92 juta metric ton di tahun yang sama..

Menurut Czerwony, keduanya meruapakan lambang diet dunia.

“Dan selain sehat, keduanya terjangkau dan serbaguna,” kata dia.

Apa bedanya?

Meski keduanya merupakan sayuran umbi, kentang merupakan keluarga nightshade, sementara ubi jalar merupakan keluarga morning glory.

Umumnya, kentang biasa memiliki warna putih atau kekuningan sebagai dagingnya, sementara ubi memiliki warna oranye.

Keduanya memiliki kulit dengan warna kecokelatan yang dapat bergantung dari jenisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.