Kompas.com - 02/02/2022, 20:37 WIB

KOMPAS.com - Jika kita adalah tipe orang yang menikmati aktivitas seperti berjalan kaki atau bersepeda, maka kita suka melakukan olahraga kardio.

"Hampir semua gerakan dapat dianggap sebagai latihan kardiovaskular jika itu meningkatkan detak jantung dan memompa darah kita."

Demikian kata instruktur kebugaran di 24 Hour Fitness di Folsom, California, Susan Bentley, CPT.

"Kardio umumnya dilakukan melalui gerakan berirama berulang yang menggabungkan kelompok otot besar seperti kaki atau punggung," ujar dia.

Tentu saja, aktivitas seperti berlari, mendayung, atau kelas yoga juga memenuhi syarat kardio.

Secara garis besar, bila dilakukan secara konsisten (minimal 2,5 jam seminggu untuk orang dewasa), olahraga kardio dapat meningkatkan banyak sistem tubuh, agar tetap sehat.

Baca juga: 5 Latihan Kardio Singkat untuk Membakar Lemak, Mau Coba?

"Ini termasuk sistem kardiovaskular, pernapasan, peredaran darah kita, dan membuat perbedaan yang signifikan bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan," kata Bentley.

Lebih lanjut, Bentley pun membagikan beberapa manfaat melakukan olahraga kardio bagi tubuh, berikut ini.

1. Meningkatkan kesehatan otak dan menangkal demensia

Bentley mengatakan, semua bentuk olahraga, termasuk kardio, dapat memicu pertumbuhan baru pembuluh darah di otak yang meningkatkan daya ingat dan mencegah penurunan kognitif.

"Olahraga juga dapat membuat hippocampus berukuran lebih besar yang bertanggung jawab untuk belajar dan memori," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.