Kompas.com - 11/03/2022, 07:28 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Jadi, tentu penting bagi kita untuk menjaganya agar tetap ada dalam batas normal.

Kardiolog preventatif Leslie Cho, MD, pun mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk mengatur kadar kolesterol jahat tersebut.

Bahkan menurutnya, penyakit jantung nyatanya bisa dicegah hingga 90 persen, meski memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi.

Jika memiliki penyakit arteri koroner atau penyakit arteri karotis, dokter mungkin menyarankan agar kita menggabungkan kebiasaan gaya hidup sehat dengan obat penurun kolesterol.

Namun, sebenarnya hampir semua orang dapat memperoleh manfaat dari mempelajari pilihan gaya hidup sehat yang dapat menurunkan kolesterol dengan cara alami.

Baca juga: Apa Saja Buah Penurun Kolesterol?

Nah, berikut deretan cara alami untuk menurunkan kolesterol tersebut.

Fokus pada lemak

Makanan adalah faktor utama dalam tingginya kadar kolesterol. Jadi, kita perlu membatasi konsumsi makanan tertentu, misalnya dari lemaknya.

Untuk menurunkan kolesterol secara alami, mulailah dengan mengganti lemak tidak sehat (jenuh) dengan lemak sehat (tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda).

Lemak sehat ini bisa ditemukan dalam makanan seperti alpukat, kacang-kacangan seperti kenari dan almond, ikan dengan lemak asam lemak omega-3, seperti tuna, salmon dan mackerel, minyak zaitun dan biji-bijian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.