Kompas.com - 08/04/2022, 08:48 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Soft skill atau kemampuan yang kerap diasosiakan sebagai refleksi dari karakter seseorang tentu dibutuhkan oleh seseorang dalam menjalani hidupnya, baik di dunia kerja maupun membentuk hubungan dengan orang lain.

Untuk itu, sebaiknya berbagai soft skill dipelajari sejak masih remaja. Namun, apa saja soft skill yang perlu dimiliki setiap remaja? Berikut daftarnya.

Berkomunikasi secara efektif

Komunikasi yang efektif dapat membantu mengurangi kesalahpahaman, kebingungan, dan konflik.

Semakin cepat remaja dapat melakukan ini, akan semakin baik performanya di sekolah atau saat berolahraga. Hal ini juga baik untuk masa depannya.

Hal-hal seperti tugas laporan lisan di sekolah dapat menjadi awal proses pembentukan remaja untuk menjadi komunikator efektif sebelum terjun ke dunia profesional.

Integritas

Integritas adalah soft skill yang penting karena mereka yang memilikinya dapat membuat keputusan yang tepat, terlepas dari seberapa sulit situasinya.

Mereka yang memiliki integritas umumnya memang dilahirkan dengan keterampilan ini.

Ketika seorang remaja memiliki integritas, artinya ia jujur dan orang lain dapat mengandalkannya, terlepas dari situasi yang ia hadapi.

Baca juga: 5 Perilaku Orangtua yang Sebenarnya Dibenci Remaja

Bertanggung jawab

Jika seorang remaja selalu bertanggung jawab atas tindakannya, ia biasanya dapat memelihara suatu hubungan dengan baik, mulai dari hubungan pribadi hingga profesional.

Orang yang bertanggung jawab pun tentu dapat dipercaya. Semakin ia dipercaya, akan semakin baik pula hubungan yang ia jalani.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Moms


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.