Kompas.com - 22/04/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan orang yang kelebihan berat badan khawatir penumpukan lemak visceral di rongga perut mengganggu kesehatannya.

Lemak visceral sebagai jenis lemak aktif jika dibiarkan memang dapat menyebabkan hipertensi, diabetes tipe-2, hingga penyakit jantung.

Karena alasan itulah orang-orang berusaha keras melakukan diet, memperbaiki pola tidur, dan berolahraga supaya lemak visceral hilang.

Selain cara-cara tersebut, menumpas lemak yang satu ini bisa dilakukan dengan memperhatikan gizi seimbang saat sarapan.

Baca juga: 5 Minuman untuk Kurangi Lemak Visceral, Nomor 4 Favorit Banyak Orang

 

Lantas, bagaimana caranya?

Sarapan untuk menumpas lemak visceral

Kita semua tahu bahwa makanan apa pun yang disantap memengaruhi tubuh. Logika yang sama juga berlaku bila kita ingin menghilangkan lemak visceral.

Dengan memperhatikan beberapa pedoman di bawah ini, niscaya lemak visceral bisa perlahan dikurangi dan kita bebas dari rasa khawatir.

1. Awali sarapan dengan minum air

Banyak dokter dan ahli kesehatan berulang kali mengingatkan pentingnya minum air bagi kesehatan.

Air memang bermanfaat untuk mempercepat metabolisme, termasuk membakar lemak visceral jika diminum di pagi hari.

Di sisi lain, minum air juga memungkinkan tubuh untuk melakukan rehidrasi setelah berjam-jam berpuasa karena tidur di malam hari.

Hal tersebut dijelaskan oleh Spesialis Nutrisi RDN dari HealthCanal, Blanca Garcia.

"Ini juga membuat perut siap untuk makanan yang akan datang. Rutinitas sarapan adalah cara yang baik untuk memulai kebiasaan sehat untuk mengawali hari," ujarnya.

Baca juga: 5 Menu Sarapan yang Bantu Kurangi Lemak Visceral

2. Penuhi serat

Garcia mengatakan, sarapan dengan makanan tinggi serat membantu mengurangi jumlah gula dan lemak yang diserap dan menghilangkan lemak visceral.

"Makanan kaya serat dapat ditemukan dalam sayuran dan biji-bijian dengan lebih dari lima gram serat per porsi," saran Garcia.

"Saat sarapan, tambahkan sayuran ke makanan, potong sayuran, atau gunakan sisa sayuran untuk ditambahkan saat sarapan untuk menghemat waktu."

Serat secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni serat tidak larut (insoluble fiber) dan serat larut (soluble fiber).

Serat tidak larut akan bercampur dengan air dan sebagian besar membantu pembentukan tinja supaya bisa melewati usus.

Sedangkan, serat larut bercampur dengan air untuk membuat gel kental guna memperlambat perut melepaskan makanan yang dicerna ke usus.

Baca juga: Awali dari Sarapan, Kunci Hilangkan Lemak Visceral

Studi dari peneliti di Wake Forest Baptist Medical Center mendapati makan banyak serat larut dari kacang-kacangan, buah, dan sayuran bisa mengurangi lemak visceral.

Studi mengatakan, mengasup 10 gram serat larut setiap hari dapat mengurangi lemak visceral sebanyak 3,7 persen dalam lima tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.