Kompas.com - 03/07/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Hidup lebih lama bukan hanya tentang keberuntungan dan genetika, tetapi juga bagaimana kita menjaga diri sendiri.

Karena memiliki perilaku yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh, namun sebenarnya dapat memperpanjang umur kita.

Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari untuk membuat perbedaan besar dalam soal kesehatan.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak tujuh kebiasaan sederhana yang dapat membuat kita lebih panjang umur sebagai berikut ini.

1. Membersihkan gigi setiap hari

Ahli kesehatan di Cleveland Clinic dan seorang penulis buku, Dr Michael Roizen, MD, mengatakan, menggosok gigi sangat penting untuk mengurangi peradangan.

"Bakteri mulut yang tumbuh di sisa makanan yang menempel di antara gigi dapat bermigrasi ke aliran darah," terangnya.

"Hal itu akhirnya dapat memicu peradangan yang merusak lapisan arteri — membuatnya rentan terhadap penumpukan plak yang membuat arteri menjadi kaku dan menyempit — sehingga timbulah serangan jantung, stroke, dan demensia," jelas dia.

2. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Menurut Dr Roizen, salah satu kebiasaan yang memiliki dampak paling signifikan pada umur panjang adalah dengan tidak makan karbohidrat sederhana, melainkan makan karbohidrat kompleks dan lemak sehat.

Bekerja seperti gula, karbohidrat sederhana (yang banyak ditemukan dalam roti putih dan pasta) mampu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan memicu respons peradangan.

Baca juga: 8 Karbohidrat Sehat yang Baik untuk Tubuh Kita

Sementara itu, biji-bijian dan serat adalah bentuk karbohidrat yang mengurangi peradangan dan baik untuk kesehatan otak maupun jantung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.