Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 08:18 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki anak yang selalu siap menghadapi tantangan di masa depan mungkin merupakan keinginan setiap orangtua.

Namun, untuk membentuk perilaku anak hingga menjadi anak yang kuat dalam menghadapi tantangan dan persaingan, tentu bukanlah hal mudah. Ada beberapa skill atau kemampuan yang perlu disiapkan untuk mencapainya.

Psikolog anak dan keluarga sekaligus Co-Founder Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima membagikan daftar skill yang perlu dilakukan agar anak dapat menjadi pribadi yang kuat dan bisa menghadapi tantangan di zaman yang kini sudah serba cepat.

Mengutip laporan World Economic Forum, Saskhya memaparkan, tantangan yang akan dihadapi si kecil di masa depan, yaitu perubahan kebutuhan dan kondisi dunia yang sangat cepat di mana 85 juta pekerjaan akan tergantikan dengan mesin pada tahun 2025.

Lebih lanjut, 50 persen karyawan di seluruh dunia akan membutuhkan pembaruan skill setiap enam bulan. Lalu, akan muncul 97 juta jenis pekerjaan baru.

Selain itu, 15 persen tenaga kerja dari 35 negara di dunia berisiko tidak mendapatkan pekerjaan pada tahun 2030.

"Jadi banyak sekali risiko di masa depan yang bukan cuma masalah kompetisi, tapi bagaimana kita membentuk anak yang punya kepribadian, punya karakter, dan punya skill yang bisa membantu mereka agar tetap relevan di dunianya," ujar Saskhya dalam webinar Virtual Press Briefing yang digelar oleh Nutrilon Royal pada Selasa (9/8/2022).

Baca juga: 10 Soft Skill yang Perlu Diajarkan pada Setiap Remaja

Virtual Press Briefing: Nutrilon Royal Optimalkan Periode Winning Window Sebagai Bekal Menang Bagi Si Kecil pada Selasa (9/8/2022) Virtual Press Briefing: Nutrilon Royal Optimalkan Periode Winning Window Sebagai Bekal Menang Bagi Si Kecil pada Selasa (9/8/2022)

Menurut Sashkya, seorang ibu perlu memiliki pola pikir “The Winning Mom” (Mama Pemenang), sosok ibu yang belajar dan menerapkan pendekatan parenting yang berkembang, serta berorientasi masa depan.

"Kita perlu melakukan stimulasi sejak dini terutama mengoptimalkan periode sensitif yaitu usia 0-8 tahun yang disebut dengan The Winning Window dengan memberikan stimulasi yang tepat," lanjutnya.

Stimulasi 8 Winning Skills yang dikembangkan oleh Nutrilon Royal pun menjadi rangkaian stimulasi kemampuan yang disarankan.

Adapun rangkaian skill itu adalah attention (mengarahkan perhatian), focus (menyelesaikan sesuatu yang dimulai), dan memory (kemampuan mengingat).

Selain itu, ada language (kemampuan bahasa), psikomotor (kemampuan yang berhubungan dengan aktivitas fisik), logic (menganalisa), reasoning (memahami dan membangun proses berpikir), dan decision making (pengambilan keputusan).

Baca juga: Tanda Sederhana yang Gambarkan Kecerdasan Anak

Lalu untuk mendukung Winning Skills itu, Brand Manager Nutrilon Royal Velan Sormin pun mengatakan bahwa pihaknya menghadirkan beberapa hal, mulai dari produk susu bernutrisi hingga bebrapa fitur baru, seperti Winning Parenting Platform yang dapat diakses melalui situs Nutriclub.

Di dalamnya, orangtua dapat menemukan berbagai informasi yang telah dibvaidasi oleh para ahli serta layanan 24 jam.

Selain itu, ada pula fitur Best in Class Loyalty Program yang akan menemani perjalanan para ibu dalam mempersiapkan si Kecil menjadi Winning Children.

"Kami harap melalui semua inovasi ini, kami bisa menjadi bagian dari perjalanan para moms di Indonesia dalam membesarkan Winning Children, yaitu anak-anak dengan jiwa pemenang yang siap menghadapi masa depan,” tutup Velan.

Baca juga: Pentingnya Kemampuan Anak dalam Memecahkan Masalah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com