Kompas.com - 07/10/2022, 09:40 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Deep frying alias menggoreng dengan merendam makanan dalam banyak minyak panas mungkin masih jadi metode masak terfavorit karena membuat makanan terasa renyah dan lembut di dalam. 

Namun di sisi lain, menggoreng dengan air fryer mulai banyak dilirik karena dianggap lebih sehat, meski harga air fryer tidak bisa dibilang murah.

Nah jika dibandingkan, deep frying atau menggoreng dengan air fryer, mana yang lebih baik dan lebih sehat?

Untuk mengetahui jawabannya, simak paparan berikut ini.

  • Cara kerja

Jika deep frying mengharuskan kita merendam makanan dalam banyak minyak yang bersuhu tinggi (sekitar 200 derajat Celsius) untuk membuat tekstur renyah dan berwarna coklat keemasan pada permukaan makanan, air fryer memiliki cara kerja berbeda.

Menurut pemilik perusahaan Dana White Nutrition Inc., dan penulis dari Healthy Air Fryer Cookbook and Healthy Vegan Air Fryer Cookbook Dana Angelo White, MS, RD, ATC, air fryer bekerja seperti oven konveksi (oven dengan kipas) mini, meski membutuhkan lebih banyak daya.

Jadi, air fryer bekerja dengan menggunakan kipas untuk mensirkulasikan udara panas di sekitar makanan. Hal ini akan membuat makanan menjadi renyah dengan sedikit atau tanpa minyak.

Air fryer pun bekerja lebih cepat dari oven konvensional dan dapat membuat makanan lebih cepat matang merata.

  • Penggunaan minyak

Dalam deep frying, minyak yang dibutuhkan cukup banyak karena makanan harus terendam agar bisa matang merata dan memiliki tekstur renyah.

Namun pada air fryer, kita hanya membutuhkan sedikit minyak. Misalnya, untuk menggoreng kentang, kita hanya memerlukan dua sendok teh minyak.

Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.