Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2022, 11:53 WIB

KOMPAS.com - Setiap wanita tentu memiliki gejala haid yang berbeda-beda. Ada yang berat dan sakit, ada pula yang ringan.

Tetapi, jika kita siklus haid kita tiba-tiba berubah tanpa alasan, terutama jika darah yang keluar lebih sedikit dari biasanya, kita mungkin sedang mengalami apa yang disebut sebagai hypomenorrhea.

Menurut seorang Obgyn dan ahli kesehatan seksual di Lure, Dr Amanda P. Williams, MD, MPH, derasnya aliran darah berbanding lurus dengan seberapa banyak lapisan endometrium yang telah terbentuk selama sebulan.

"Penumpukan lapisan endometrium sering kali merupakan hasil dari struktur rongga rahim dan respons hormonal kita terhadap ovulasi," kata dia.

"Setiap orang berbeda dan memiliki versi normal mereka sendiri. Kisaran ini cukup besar, berkisar antara 10 dan 40ml darah selama empat hingga enam hari," lanjut dia.

Baca juga: Makanan Pedas Harus Dihindari saat Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Sementara itu, seorang spesialis endokrinologi reproduksi di Pusat Reproduksi California Selatan, Lina Akopians, MD, PhD, mengungkapkan, darah haid yang lebih ringan secara substansial dapat disebabkan oleh masalah hormonal atau struktural -yang berarti sesuatu terjadi pada organ dalam tubuh.

Dan untuk mengetahuinya lebih lanjut, para ahli pun membagikan sejumlah alasan yang membuat darah haid keluar lebih sedikit dari biasanya, seperti yang dilansir dari laman Prevention berikut ini.

1. Tanda kehamilan

"Meskipun salah satu tanda kehamilan yang jelas adalah tidak datang bulan, ternyata beberapa wanita terus mengalami pendarahan atau versi yang lebih ringan dari haid ketika mereka hamil."

Demikian penuturan pakar kesuburan dan direktur medis di CCRM di New York, Dr Janet Choi, MD.

Selain itu, darah haid yang lebih sedikit juga bisa mengindikasikan kehamilan ektopik (ketika sel telur berimplantasi di tempat lain selain rahim), yang bisa sangat berbahaya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Prevention


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.