Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2022, 20:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Eksim (dermatitis atopik) adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan ruam gatal dan meradang di berbagai bagian tubuh.

Ruam ini sering kali kambuh sebagai respons terhadap pemicu seperti bahan produk tertentu, perubahan suhu, makanan, perubahan hormon, stres, atau infeksi.

Selain terlihat pada kulit, banyak orang yang hidup dengan eksim juga melaporkan bahwa kondisi ini sangat memengaruhi kehidupan seksual mereka.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan hubungan antara eksim dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan seksual, sebagaimana dilansir laman Very Well Health, berikut ini.

Baca juga: Anak dengan Autisme Cenderung Miliki Gejala Eksim yang Buruk

Hubungan antara eksim dan kesehatan seksual

Disfungsi seksual atau tantangan dalam hubungan intim sering kali berdampingan dengan eksim.

Banyak orang dewasa dengan eksim telah melaporkan bahwa kondisi kulit mengganggu hasrat seksual atau gairah seksual mereka karena alasan fisik dan psikologis.

• Efek fisik

Eksim biasanya ditandai dengan kulit yang meradang, nyeri, kering, gatal, dan tidak nyaman.

Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik selama aktivitas seksual dan hubungan seksual, terutama jika ruam berada di atau dekat vagina, penis, bokong, paha, atau area dada.

Orang yang hidup dengan eksim di daerah genital (eksim genital) sering melaporkan bahwa kesehatan seksual mereka secara signifikan dipengaruhi oleh kondisi tersebut.

Beberapa penelitian memperkirakan bahwa sebanyak 45 persen orang yang hidup dengan eksim telah mengalami kambuhnya kondisi di daerah genital.

Baca juga: Simak, 4 Bahan Skincare yang Harus Dihindari Penderita Eksim

• Efek psikologis

Perubahan penampilan fisik seseorang dapat memengaruhi kesehatan emosional, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada disfungsi seksual atau tantangan berhubungan intim.

Banyak orang yang hidup dengan eksim mengalami rasa malu, cemas, atau rendah diri tentang bagaimana ruam eksim mereka terlihat.

Emosi ini juga dapat mengurangi keinginan untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa perasaan-perasaan ini dapat berdampak negatif pada hasrat seksual orang yang hidup dengan eksim dan terkadang pasangan mereka.

Satu studi pun menemukan, lebih dari 80 persen orang yang hidup dengan eksim melaporkan bahwa kondisi kulit memengaruhi kesehatan seksual mereka.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com