Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2023, 16:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Manfaat mendengarkan musik sudah terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan seseorang.

Tapi menurut ahli, ada durasi tertentu yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan dan merasakan manfaat musik secara optimal.

Selain kebahagiaan, ternyata durasi mendengarkan musik juga memberikan manfaat untuk mengusir rasa sedih, hingga meningkatkan fokus saat bekerja.

Baca juga: 4 Keuntungan Mendengarkan Musik Pagi Hari, Cegah Stres hingga Lebih Kreatif 

Durasi mendengarkan musik agar merasa bahagaia

Penelitian yang dilakukan British Academy of Sound Therapy menemukan bahwa kebahagiaan adalah suasana hati yang paling cepat dicapai saat mendengarkan musik.

Namun seseorang harus mendengarkan musik selama durasi dan genre tertentu untuk mendapatkan manfaat itu.

Melalui studi terbarunya, para peneliti menganalisis data dengan meminta 7.581 orang di berbagai negara untuk mendengarkan genre musik berbeda.

Kemudian ilmuwan menilai seberapa cepat perubahan suasana hati yang dirasakan, kemudian meninjau efektivitas musik sebagai terapi untuk sekadar healing.

Melansir dari laman Telegraph, hasil penelitian menemukan fakta, untuk mendapatkan kebahagiaan, seseorang hanya membutuhkan waktu 9 menit saat mendengarkan musik.

Hal tersebut ternyata dipengaruhi oleh genre musik yang didengarkan, terutama pada manfaatnya merasakan bahagia, penikmat musik harus mendengarkan musik dengan nada, tempo, ritme hingga lirik yang ceria. 

Para responden yang mendengarkan lagu dengan konten ceria juga 65 persen di antaranya melaporkan merasa lebih semangat dan mudah tertawa (moodnya baik).

Selain itu 89 persen responden mengaku lebih berenergi setelah mendengarkan musik, dan 82 persen lainya merasa hidup mereka lebih bergairah dan positif. 

Namun untuk seseorang yang punya masalah atau kesedihan tertentu, musik juga membantu mengusir kesedihan ketika didengarkan selama 13 menit. 

Para peneliti mengatakan, durasi tersebut dapat menjadi parameter agar penikmat musik bisa merasakan efek terapeutik bagi kesehatan mentalnya.

Baca juga: 3 Alasan Mendengarkan Musik Bisa Bikin Hidup Lebih Baik dan Bahagia 

Ilustrasi mendengarkan musik bisa bikin hidup lebih bahagiaBose Ilustrasi mendengarkan musik bisa bikin hidup lebih bahagia

Durasi untuk relaksasi

Waktu paling optimal untuk bisa mendapatkan efek atau manfaat relaksasi dari mendengarkan musik adalah 13 menit.

Tetapi kata peneliti, musik yang didengarkan harus bertempo lambat, melodi yang sederhana dan tanpa lirik.

Halaman:
Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com