Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2024, 07:57 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kita semua ingin tampil menarik, terutama di depan orang yang kita sukai. Baik saat berkencan atau berkenalan dengan seseorang, kita pasti berharap bisa menampilkan sisi-sisi terbaik diri kita. 

Ternyata, ada beberapa tips nyata yang didukung sains untuk meningkatkan daya tarik dan membuat kamu disukai. Beberapa penelitian menunjukkan bagaimana kita dapat membuat orang lain ingin mengenal kita lebih baik dengan cara sederhana. 

Cara tampil lebih menarik secara instan

1. Kenakan warna hitam

Ilustrasi perempuan dengan pakaian hitam Ilustrasi perempuan dengan pakaian hitam
Jika kamu mencoba memanfaatkan berpakaian agar mengesankan, warna yang kamu pilih bisa menentukan. Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Color Research & Application berupaya menentukan warna apa yang menurut orang paling menarik untuk dikenakan.

Para peneliti dalam riset ini memilih 14 warna Pantone untuk dievaluasi berdasarkan warna yang paling sering disebutkan dalam penelitian sebelumnya, dan mengumpulkan 146 responden untuk mengisi kuesioner online mengenai daya tarik dan ketidaktertarikan orang lain ketika mengenakan setiap warna.

Studi tersebut menemukan bahwa warna paling menarik yang bisa dikenakan seseorang adalah hitam. Seperti yang dijelaskan Ashley Grader, pakar kecantikan yang mengelola situs direktori sekolah kecantikan, warna ini dapat membuat orang tampak seolah-olah memiliki sifat atau kualitas tertentu yang diinginkan.

“Warna hitam diasosiasikan dengan kekuasaan dan otoritas. Mengenakan warna hitam mungkin secara tidak sadar memberikan kesan kepada orang lain bahwa kamu adalah seseorang yang kuat dan bertanggung jawab,” kata Grader. 

"Dan orang-orang yang mempunyai posisi berkuasa dan berwenang sering kali dianggap lebih menarik dibandingkan mereka yang tidak."

Baca juga: Warna Pakaian yang Membuatmu Tampil Lebih Menarik

2. Lebih banyak tersenyum

Ilustrasi tersenyum. Ada sejumlah manfaat tersenyum untuk kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan meredakan rasa sakit. Digital Vision. Ilustrasi tersenyum. Ada sejumlah manfaat tersenyum untuk kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan meredakan rasa sakit.
Banyak tersenyum dan memperlihatkan gigi yang sehat juga dapat membantu kita menemukan pasangan, menurut sebuah studi tahun 2013 dari Universitas Bern di Swiss.

Para peneliti Swiss melakukan dua percobaan untuk menyelidiki “hubungan antara daya tarik dan kebahagiaan,” dan menerbitkan temuan mereka di jurnal Cognition and Emotion. Menurut penelitian, senyuman yang lebih lebar bisa membuat siapa pun tampil lebih menarik.

“Evaluasi daya tarik sangat dipengaruhi oleh intensitas senyuman yang diungkapkan di wajah,” tulis para peneliti. “Ekspresi wajah yang bahagia bahkan bisa mengimbangi ketidakmenarikan yang relatif.”

3. Lebih murah hati

Ilustrasi memberikan kadoShutterstock/africa studio Ilustrasi memberikan kado
Kemurahan hati juga bisa membuat kita tampil lebih menarik. Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan di Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly berupaya untuk "memeriksa hubungan antara daya tarik fisik dan perilaku memberi."

Para peneliti memeriksa tiga penelitian sebelumnya di mana daya tarik dinilai secara independen dari perilaku memberi dan menemukan “konsistensi yang luar biasa” di semua penelitian tersebut: Orang tampak lebih menarik ketika mereka memberi dan murah hati.

“Penyair dan filsuf telah mengemukakan hubungan antara kecantikan moral dan fisik selama berabad-abad. Penelitian ini menegaskan bahwa orang yang dianggap lebih menarik lebih cenderung memberi, dan pemberi dipandang lebih menarik,” ujar penulis studi Sara Konrath, PhD , profesor studi filantropi di Lilly Family School of Philanthropy. 

“Temuan kami menunjukkan bahwa produk dan prosedur kecantikan mungkin bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan daya tarik seseorang. Mungkin bermurah hati bisa menjadi tren kecantikan berikutnya.”

Baca juga: Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng

4. Mengubah cara berbicara

Ilustrasi pria menarikshutterstock Ilustrasi pria menarik
Jika kamu ingin tampil lebih menarik, cobalah melakukan sedikit perubahan saat berbicara dengan seseorang yang kamu sukai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com