Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Hari, Waktu Paling Populer untuk Melahirkan?

Kompas.com - 04/01/2018, 17:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Rasa mulas ingin melahirkan bisa dialami kapan saja oleh ibu hamil yang sudah cukup bulan. Namun, tahukan Anda ternyata ada waktu yang paling populer bagi para bayi untuk hadir ke dunia.

Scientific American, the Centers for Disease Control dan Prevention telah bekerja sama untuk menguak hal ini. Hasil riset tersebut menunjukan bahwa banyak bayi lahir pada jam 8 pagi daripada pada waktu lainnya.

Diagram CDC menunjukkan jumlah bayi yang lahir per menit mencapai puncaknya pada pukul 8 pagi. Sementara itu, jumlah kelahiran terendah berada diantara pukul 12 siang hingga pukul 13.00.

Fenomena ini rupanya disebabkan karena banyak calon ibu yang memang memilih untuk melahirkan pada jam tersebut.

Menurut Scientific American, lebih dari 98 persen bayi di Amerika Serikat lahir di rumah sakit. Kelahiran yang terjadi secara alami memang sulit diprediksi waktunya. Akan tetapi,  sekitar 38 persen kelahiran dilakukan secara operasi.

Hanya sekitar 50 persen kelahiran yang terjadi secara alami, sedangkan 38 persen terjadi dengan jalan operasi dan 18 persen dengan menggunakan proses induksi.

Kelahiran dengan jalan operasi yang dapat dijadwalkan ini adalah alasan besar mengapa banyak sekali bayi yang lahir di pagi hari.

Banyak calon ibu dan dokter yang sepakat untuk melakukan operasi caesar pada pukul 8 pagi. Namun, puncak kelahiran ini terjadi pada hari kerja, terutama saat jadwal kerja mingguan di rumah sakit.

Senin adalah hari dengan kelahiran paling banyak yang terjadi pada pukul 8 pagi. Namun, setiap hari kerja fenomena gelombang kelahiran terjadi secara signifikan pada pukul 8 pagi.

Riset ini hanya menunjukan fenomena kelahiran yang terjadi setiap harinya, bukan bagaimana kelahiran tersebut terjadi. Bagaimanapun juga, sangat sulit memprediksi kapan kelahiran alami akan terjadi.

Namun, sekitar 20-30 persen lebih banyak bayi yang lahir secara alami antara pukul 06:45 pagi dan 06:00 sore daripada malam hari.

Namun, fenomena bayi yang lahir secara alami ini tidak memiliki waktu puncak seperti pada kelahiran secara caesar. Mayoritas kelahiran yang dengan jalan operasi ini terjadi pada pukul 08.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com