Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Setelah Berusia 50 Tahun

Kompas.com - 25/01/2022, 12:28 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Mencoba untuk menurunkan berat badan tidak pernah mudah dan akan menjadi semakin sulit ketika kita sudah berumur.

Untuk orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas, misalnya, menurunkan berat badan dapat menghadirkan banyak tantangan unik dibandingkan dengan mereka yang lebih muda.

"Menurunkan berat badan setelah usia 50 menjadi lebih sulit karena seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme melambat akibat hilangnya otot," kata ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center, Lori Chong, RDN, LD.

"Memiliki lebih banyak otot meningkatkan laju metabolisme, sedangkan lebih sedikit massa otot akan menurunkan laju metabolisme," jelas dia.

Chong juga mencatat bahwa bagi wanita, menurunkan berat badan setelah usia 50 juga bisa sulit karena perubahan hormonal yang terjadi sebelum dan setelah menopause.

"Selain itu, ini adalah masa kehidupan di mana kita bisa sangat sibuk dengan berbagai hal," ungkapnya.

"Jika semuanya digabungkan, bisa menyebabkan stres dan kurang tidur sehingga tingkat insulin meningkat dan keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak atau tinggi gula juga meningkat," sambung dia.

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Tunda Penuaan bagi Pria di Atas 50 Tahun

Nah, untuk itu, bagi orang-orang berusia 50 tahun yang ke atas yang sedang berjuang menurunkan berat badan, cobalah beberapa tips ampuh seperti berikut ini.

1. Mulai latihan kekuatan

"Kita dapat melakukan latihan kekuatan dengan latihan beban tubuh, band resistensi, atau beban," kata Chong.

"Ini membantu meminimalkan kehilangan otot dan karenanya meminimalkan penurunan metabolisme itu," lanjut dia.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan orang dewasa untuk melatih kekuatan setidaknya dua kali seminggu.

2. Minum lebih banyak air

Ahli gizi Bonnie Taub-Dix, RDN, mengatakan bahwa air membantu segala sesuatu mulai dari kulit hingga membantu makanan mengalir dengan lancar melalui sistem tubuh kita.

"Meskipun kita membutuhkan 8 gelas air sehari, masing-masing dari kita memiliki kebutuhan yang berbeda dan kebutuhan cairan kita mungkin juga bergantung pada cuaca atau pada tingkat aktivitas kita," terangnya. 

Sementara itu, Mayo Clinic menyarankan agar pria minum sekitar 15,5 gelas (3,7 liter) cairan sehari dan wanita harus minum sekitar 11,5 gelas per hari.

Selain minum air, menurut Taub-Dix, mengonsumsi makanan berair seperti sup, buah, dan sayuran juga bisa membantu kita merasa lebih kenyang dengan sedikit kalori.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com