Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Gerakan Cepat Hilangkan Lemak yang Membandel Setelah Usia 30 Tahun

Kompas.com - 13/06/2023, 05:11 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika memasuki usia 30-an, kita mungkin mulai menyadari bahwa mempertahankan massa otot dan menurunkan berat badan jauh lebih menantang dibandingkan saat usia 20-an.

Terlebih, pada usia 30 tahun, ada beberapa area tubuh yang memiliki lemak membandel atau sulit dihilangkan, sehingga kita membutuhkan rutinitas olahraga yang ekstra.

Untungnya, untuk mempersingkat waktu kita bisa melakukan sejumlah gerakan yang cepat dan terbukti efektif dalam menghilangkan lemak tubuh.

Lebih lanjut, para ahli pun membagikan 7 gerakan cepat untuk menghilangkan lemak tubuh yang membandel setelah usia 30 tahun sebagai berikut.

1. Reverse lunge

Ilustrasi olahraga lungesGeorgeRudy Ilustrasi olahraga lunges
Ahli kebugaran dan pendiri GroomBuilder, Anthony J. Yeung, CSCS, merekomendasikan untuk menambahkan gerakan reverse lunge ke dalam rutinitas olahraga jika kita ingin menghilangkan lemak tubuh yang membandel.

Untuk memulainya, ambil langkah panjang ke belakang sehingga kedua lutut membentuk sudut 90 derajat di bagian bawah lunge.

Kemudian, tekan tubuh kembali ke atas menggunakan kaki depan. Selesaikan dua hingga tiga set dengan lima hingga 10 repetisi untuk setiap kaki.

Baca juga: Lunge dan Squat, Benarkah Bikin Paha Menjadi Ramping?

2. Push up

Untuk mendapatkan manfaat push up yang optimal dan menerapkan gerakan yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan instruktur kebugaran agar lebih memahami postur variasi gerakan push up dengan tepat.PEXELS/ELINA FAIRYTAIL Untuk mendapatkan manfaat push up yang optimal dan menerapkan gerakan yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan instruktur kebugaran agar lebih memahami postur variasi gerakan push up dengan tepat.
Berikutnya dalam rekomendasi Yeung adalah push up klasik.

Untuk gerakan ini, ambil posisi push up atau plank yang tinggi dengan meletakkan tangan selebar bahu. Pastikan juga pergelangan tangan harus sejajar dengan bahu.

Kemudian, rentangkan kaki ke belakang, sehingga kita berada di atas bola kaki dan tubuh membentuk garis lurus dan jangan membiarkan pinggul melorot.

Setelah berada di posisi yang benar, tekuk siku untuk menurunkan dada ke tanah.

Dorong diri kembali ke atas. Selesaikan dua sampai tiga set dengan lima sampai 10 repetisi.

Baca juga: 3 Level Latihan Push Up Khusus untuk Pemula, Bisa Dicoba Segala Usia

3. Kettlebell swing

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Seperti namanya, kita membutuhkan kettlebell untuk gerakan ini.

Mulailah dengan posisi deadlift dengan mengangkat kettlebell di depan tubuh kita.

"Selanjutnya, ayunkan kettlebell ke belakang di antara kedua kaki sambil sedikit berjongkok seperti pemain tengah dalam sepak bola, kemudian kembalikan ke depan sambil dorong pinggul ke depan secara eksplosif."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com