Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Diet Terpopuler 2023 untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 26/07/2023, 14:04 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan saat ini sudah menjadi tujuan banyak orang di tahun 2023 untuk memiliki tubuh yang sehat dan langsing.

Tak heran jika tersedia banyak pilihan dan program diet yang dapat dicoba. Namun, kelima diet berikut ini tampaknya kerap menjadi pilihan dan bisa dikatakan menjadi diet terpopuler 2023.

Selain namanya yang kini naik daun di kalangan pegiat gaya hidup sehat, beberapa diet berikut juga dapat dikatakan sebagai diet terbaik menurut ahli.

Baca juga: Apa Itu Ice Hack Diet yang Diklaim Ampuh Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga 

Diet terpopuler di tahun 2023 untuk menurunkan berat badan

Saat ini ada banyak diet populer yang diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan konsisten.

Meski berbagai diet itu dapat memberikan hasil yang berbeda bagi setiap individu, tetapi lima jenis diet berikut ini terbilang cukup populer di tahun 2023. 

Mulai dari diet Mediterania, DASH hingga flexitarian, berikut diet terpopuler dan terbaik yang dapat menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

1. Diet Mediterania

Ahli gizi bersertifikat sekaligus penulis "The Litte Book of Game-Changers", Jessica Cording, R.D mengatakan, secara konsisten diet Mediterania selalu menjadi yang teratas untuk menurunkan berat badan.

Diet yang satu ini menekankan untuk mengonsumsi berbagai makanan termasuk lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, buah, biji-bijian, dan sayuran hijau serta ikan.

Cara kerjanya dalam menurunkan berat badan itu rupanya dipengaruhi oleh pembatasan asupan kalori hingga 1.500 kkal atau lebih sedikit.

Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa diet Mediterania dapat menurunkan berat badan sekitar 5 sampai 10 persen dari berat badan awal selama dijalani 12 bulan.

"Diet ini mudah dipertahankan karena memang rasa makanannya enak," katanya.

Baca juga: 7 Tips Diet Mediterania untuk Turunkan Berat Badan

2. DASH

Pendekatan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) lebih mengacu pada diet rendah sodium untuk mencegah hipertensi.

Diet DASH dirancang untuk mengontrol tekanan darah tanpa obat sekaligus mendorong penurunan berat badan dengan cara sehat.

DASH menekankan berbagai pola makan bersumber dari nabati dan hewani termasuk susu rendah lemak hingga membatasi asupan tinggi kolesterol.

Cara kerja diet ini juga merujuk pada pembatasan kalori harian sembari mengikuti berbagai aktivitas untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com