Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menikmati Oat Tanpa Khawatir Bikin Badan Gemuk

Kompas.com - 28/07/2023, 15:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu jenis makanan paling ideal untuk dimasukkan diet penurunan berat badan adalah oat.

Ya, sumber pangan berbasis gandum ini memiliki kandungan karbohidrat, serat, nutrisi hingga mineral penting yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Namun satu hal yang perlu dipahami adalah cara menikmati oat yang salah justru bisa memutar-balikkan manfaatnya dan tak jarang dapat memicu kegemukan.

Baca juga: Oat Milk Vs Almond Milk, Mana yang Lebih Sehat? 

Cara menikmati oat tanpa khawatir bikin gemuk

Ilustrasi oatmeal masak rice cookerPIXABAY/IHA31 Ilustrasi oatmeal masak rice cooker

Mengonsumsi oat secara teratur dapat menjadi bagian dari pola makan sehat dan mencapai tujuan penurunan berat badan yang sehat dan berkelanjutan.

Tetapi cara makan oat yang salah, misalnya ditambahkan topping tinggi lemak dan gula justru bisa membuat berat badan terus bertambah.

Oleh karena itu, simak beberapa ulasan berikut agar kita lebih memahami cara menikmati oat yang tepat tanpa khawatir badan jadi tambah gemuk.

1. Hindari oat instan

Oat instan apalagi yang sudah diberi label dengan rasa-rasa tertentu biasanya sudah dikemas dengan kandungan kalori dan gula tinggi.

Secangkir oat beraroma memiliki sekitar 70 kalori lebih banyak daripada secangkir oat biasa.

Jika kita mulai beralih untuk rutin makan oat, lebih baik kita membeli oat organik tanpa aroma untuk dapat dikonsumsi sehari-hari.

2. Tambahan topping kaya serat

Menikmati oat tanpa topping rasanya kurang lengkap. Nah, memilih topping yang kaya serat agar memberi efek kenyang lebih lama dan mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi.

Menurut penelitian dari University of Massachusetts Medical School, tambahan topping kaya serat pada oat bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Berbagai pilihan topping kaya serat dan rendah kalori untuk rasa oat manis seperti raspberry, blueberry, stroberi hingga blackberry segar.

Sebisa mungkin hindari pemanis tambahan seperti sirup mapple, atau karamel karena sirup tersebut bisa menambah jumlah kalori dalam semangkuk oat yang siap dikonsumsi.

Kemudian jika kita lebih suka menikmati oat yang gurih, tambahan topping yang sehat yang dapat dipilih seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

Hindari pula berbagai topping berlemak tinggi seperti bacon, hingga pepperoni.

Baca juga: Benarkah Oat Milk Lebih Sehat dari Susu Sapi? Ini yang Harus Dipahami 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com