Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Meningkatkan Rasa Bahagia, Salah Satunya dengan Mandi

Kompas.com - 07/09/2023, 10:22 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Banyak dari kita merasa kebahagiaan adalah sesuatu hal yang cepat berlalu dan sulit dijangkau sehingga butuh upaya seumur hidup untuk dapat mempertahankannya lebih lama.

Namun, penelitian menunjukkan, sebenarnya ada cara-cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan memupuk kebahagiaan dan meningkatkan kesejahteraan emosional yang lebih baik.

Dengan membangun kebiasaan-kebiasaan tertentu yang meningkatkan suasana hati dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin dapat secara bertahap menumbuhkan perasaan bahagia dan memiliki kehidupan yang lebih memuaskan secara emosional.

Baca juga: 3 Pelajaran Hidup soal Berhenti Menunggu Kebahagiaan

Cara mudah merasa lebih bahagia

Dilansir dari laman Best Life, berikut sejumlah cara mudah yang bisa dicoba untuk meningkatkan suasana hati dan merasa lebih bahagia.

1. Berbicara dengan orang asing

Memiliki ikatan komunikasi yang baik dengan teman dan anggota keluarga dikaitkan dengan kesehatan mental dan kesejahteraan yang lebih baik.

Tetapi, penelitian terbaru menunjukkan, bukan hanya kelompok kontak inti yang memperkaya hidup kita.

Menurut sebuah studi tahun 2022 yang dilakukan oleh mahasiswa doktoral Harvard Business School, berbicara dengan orang asing juga penting jika kita ingin meningkatkan suasana hati.

Para peneliti menciptakan sebuah istilah, "keragaman relasional", untuk menggambarkan dua faktor hubungan yang mengarah pada suasana hati yang lebih bahagia, yakni kekayaan dan kemerataan.

Kekayaan hubungan seseorang mengacu pada apakah seseorang berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai tingkat kedekatan (anggota keluarga, teman, kenalan, dan orang asing), sedangkan pemerataan mengacu pada seberapa merata interaksi mereka di seluruh kelompok ini.

"Semakin banyak kategori hubungan yang mereka ajak bicara dalam sehari dan semakin merata percakapan mereka di seluruh kategori tersebut, semakin bahagia mereka," jelas Hanne Collins, seorang mahasiswa S3 yang turut menulis penelitian ini.

Baca juga: Bisakah Sesama Introvert Miliki Hubungan yang Bahagia?

Kegiatan voluntrip yang diadakan KitaBisa ke lokasi penangkaran elang di Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ), Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/2/2023). Voluntrip ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Mereka diajak terjun ke lapangan memberi bantuan atau berdonasi sekaligus menjadi relawan konservator dalam sehari yang dipandu oleh ahlinya.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kegiatan voluntrip yang diadakan KitaBisa ke lokasi penangkaran elang di Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ), Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/2/2023). Voluntrip ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Mereka diajak terjun ke lapangan memberi bantuan atau berdonasi sekaligus menjadi relawan konservator dalam sehari yang dipandu oleh ahlinya.

2. Menjadi relawan

Melakukan kegiatan relawan dapat menjadi cara mudah lainnya untuk membuat kita merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari.

Partisipasi dalam layanan sukarela berdampak pada kesehatan mental dan fisik yang lebih baik, kepuasan hidup, harga diri, gejala depresi yang lebih rendah, tekanan psikologis, serta ketidakmampuan fungsional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com