Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Air Garam Bisa Mengobati Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit

Kompas.com - 11/09/2023, 12:51 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber InStyle

KOMPAS.com - Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang umum, namun sangat tidak disukai karena dapat mengganggu penampilan kulit wajah.

Tak heran, banyak orang yang mengalami masalah jerawat akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya, termasuk mencuci muka dengan air garam sebagai jalan pintas.

Bahkan, menggunakan air garam untuk mengurangi jerawat dan kemerahan yang menyertainya kini sedang menjadi tren di aplikasi TikTok.

Meskipun diyakini dapat membantu mengurangi jerawat, air garam tidak dapat menggantikan perawatan kulit (skincare) khusus jerawat yang menyeluruh.

Baca juga: Manfaat Air Garam untuk Kecantikan

Jadi sebelum menggunakan air garam untuk mengatasi jerawat, pahami dulu beberapa hal yang dijelaskan oleh dokter spesialis kulit berikut ini.

Apakah air garam bisa mengobati jerawat?

Menurut dokter spesialis kulit yang berbasis di Dallas, Texas, AS, Dr Elizabeth Houshmand, MD, air garam dari lautan sebenarnya dapat mengeringkan jerawat dan memberikan efek antiinflamasi pada jerawat ringan.

"Tapi ini bukan pengobatan yang efektif untuk jerawat yang parah," katanya.

Walaupun air garam dan efek pembersihan pori-porinya dapat sedikit meredakan jerawat, air garam pada umumnya bukanlah cara terbaik untuk menargetkan pemicu jerawat yang bersifat antimikroba.

"Beberapa orang mungkin melihat efek mencerahkan di awal ketika menggunakan air garam, yang merupakan kasus pada sebagian besar intervensi untuk jerawat, dan ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih dalam beberapa kali penggunaan."

"Namun, yang terbaik adalah menggunakan bahan-bahan seperti benzoil peroksida atau resep antibiotik jika diperlukan."

Demikian penuturan Dr Marisa Garshick, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di MDCS Dermatology yang berbasis di New York, AS.

Di sisi lain, air garam bertindak sebagai eksfoliator mekanis dan dengan lembut menggosok lapisan atas kulit.

Ketika kulit yang berjerawat dieksfoliasi dengan lembut, Dr Houshmand mengatakan, penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan beberapa jenis jerawat akan berkurang, yang juga dapat menghasilkan efek menghaluskan dan mencerahkan kulit.

"Secara teoritis, garam membantu mengeluarkan minyak di dalam kulit dan, oleh karena itu, mengeringkan jerawat," jelasnya.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Jerawat dengan Air Beras

Ilustrasi mencuci muka dengan air garam.Freepik Ilustrasi mencuci muka dengan air garam.
Selain itu, mineral dalam air garam, terutama magnesium, adalah pengurang peradangan alami, yang dapat membantu mengurangi gejala yang terkait dengan kondisi kulit seperti jerawat, eksim, atau psoriasis.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com