Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2023, 07:45 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Miss Universe melakukan perubahan besar dalam aturan penyelenggaraannya.

Kontes kecantikan itu kini mengizinkan semua perempuan berusia 18 tahun untuk ikut berkompetisi, tanpa batasan usia maksimal.

Pembaruan ini disampaikan langsung oleh R'Bonney Gabriel, Miss Universe 2022 saat tampil di acara Pekan Mode New York 2023 karya desainer Tanner Fletcher bertajuk 'Beauty Pageant', kemarin malam.

Baca juga: Profil RBonney Gabriel, Miss Universe 2022 yang Berdarah Filipina

“Yang saya sukai dari Miss Universe adalah mereka selalu berada di urutan pertama, mencari cara agar mereka bisa lebih inklusif dan lebih baik dalam menjalankan platform yang telah mereka rancang untuk kami,” kata Gabriel.

“Ada sekelompok perempuan berani yang bertanggung jawab di sini, dan tahukah Anda, banyak orang cenderung mengikuti apa yang kami lakukan,” tambahnya.

“Menyenangkan menjadi pembawa standar, dan saya bangga kami bisa melakukan ini.”

Baca juga: Sejarah Miss Universe, Berawal dari Penolakan Pakai Baju Renang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by The Roku Channel (@therokuchannel)

Sebelumnya, Miss Universe mengharuskan peserta berusia 18-28 tahun untuk berkompetisi di ajang kecantikan ini.

Lewat Instagram, Miss Universe Organization selaku penyelenggara membenarkan kabar tersebut.

"Miss Universe Organizationmengumumkan penghapusan semua batasan usia di seluruh Miss Universe dan kontes terkait," bunyi pernyataan tersebut.

“Perubahan ini akan berlaku untuk semua kontes 2024 secara global. Mulai saat itu, setiap wanita dewasa di dunia berhak bersaing untuk menjadi Miss Universe.”

Baca juga: Kronologi Lisensi Miss Universe yang Tak Lagi Dipegang Yayasan Puteri Indonesia

Saat memenangi ajang Miss Universe 2022 pada Januari lalu di usia 28 tahun, R'Bonney Gabriel memang menyatakan niatannya untuk mengubah batasan usia bagi peserta.

"Saya berusia 28 tahun, dan itu adalah usia tertua untuk berkompetisi. Dan menurut saya itu adalah hal yang indah," kata perempuan yang memenangkan Miss USA pada bulan Oktober sebelumnya itu.

"Karena sebagai perempuan, saya percaya usia tidak menentukan kita. Ini bukan hari esok. Ini bukan kemarin. Tapi ini sekarang. Sekaranglah saatnya Anda bisa mengejar apa yang Anda inginkan."

Baca juga: Ibu dan Wanita yang Sudah Menikah Kini Boleh Daftar Miss Universe

Pada Agustus 2022, Miss Universe mengumumkan jika perempuan yang sudah menikah dan para ibu kini bisa berkompetisi di kontes kecantikan itu.

Maine Juliana Morehous akan menjadi perempuan menikah pertama dalam sejarah Miss USA dalam ajang yang digelar akhir bulan ini.

“Saya bermimpi untuk menikah hampir sepanjang hidup saya, dan saya bermimpi untuk berkompetisi di Miss USA hampir sepanjang hidup saya,” kata Morehouse.

"Saya tidak pernah berpikir melakukan keduanya pada saat yang sama akan mungkin dilakukan."

Baca juga: Riwayat Singkat Lisensi Miss Universe Indonesia, Cuma Bertahan 6 Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com