Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coca-Cola Rilis Minuman Soda Berteknologi AI, Tawarkan Rasa Futuristik

Kompas.com - 15/09/2023, 08:24 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Coca-Cola merilis minuman soda edisi terbatas yang dibuat menggunakan teknologi AI.

Produk yang diberi nama Y3000 Limited Edition itu disebut sebagai rasa futuristik pertama yang diciptakan bersama dengan kecerdasan manusia dan kecerdasan buatan.

Baca juga: Anyar, 2 Jam Tangan Kolaborasi G-Shock x Coca-cola

Rasa Coca-Cola Y3000 dibuat dengan dua langkah, yang melibatkan peneliti maupun kecerdasan buatan.

Pertama, para peneliti di Coca-Cola mengumpulkan preferensi dan tren rasa utama untuk memahami apa yang konsumen bayangkan dan pikirkan seperti apa rasanya di masa depan.

Kemudian, informasi tersebut dianalisis oleh sistem kecerdasan buatan untuk membantu mengembangkan profil dan perpaduan rasa.

Coca-Cola tidak mendeskripsikan seperti apa rasa baru tersebut pada salah satu bahannya, namun minuman tersebut hadir dalam varian reguler dan tanpa gula.

Baca juga: Menilik Penerapan Teknologi AI untuk Perkembangan Industri Gaya Hidup

Teknologi AI juga digunakan untuk mendesain kemasan kaleng ramping yang futuristik, menampilkan logo berpiksel, warna krom bersih, serta semburat ungu, merah muda, dan biru.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Coca-Cola (@cocacola)

“Terinspirasi oleh Coca-Cola yang tak lekang oleh waktu, kami ingin merayakan gagasan semua orang tentang seperti apa masa depan,” kata direktur senior strategi global Coca-Cola, Oana Vlad, dikutip dari CNBC.

“Dengan bantuan teknologi AI, Coca-Cola Y3000 Zero Sugar membayangkan bagaimana rasa Coca-Cola dari masa depan dan memperkenalkan pengalaman inovatif untuk menjelajahi masa depan.”

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Minum Soda Diet Setiap Hari

Perilisan Coca-Cola Y3000 juga dibarengi dengan kolaborasi dengan merek streetwear mewah Ambush untuk merilis sejumlah koleksi pakaian bertema futuristik, beberapa waktu mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com