Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips yang Bisa Dicoba, Jika Ingin Cepat Langsing Setelah 40 Tahun

Kompas.com - 15/09/2023, 18:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki tubuh yang tetap langsing di usia 40 tahun ke atas bukanlah sesuatu yang mudah dan butuh proses yang konsisten.

Faktanya, seiring bertambahnya usia, tubuh secara alami kehilangan otot tanpa lemak dan sistem metabolisme yang berubah, sehingga berat badan juga lebih cepat meningkat.

Menurut Mayo Clinic, wanita lebih mudah mengalami peningkatan berat badan setelah 40 tahun, terutama di area perut dan pinggang.

Kabar baiknya, dengan tetap melakukan gaya hidup yang sederhana dan sehat, kita tetap dapat menurunkan berat badan setelah usia 40 tahun.

Baca juga: 9 Kebiasaan yang Bantu Dongkrak Stamina di Usia 40 Tahun ke Atas

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa tips yang dibagikan oleh para ahli, seperti  berikut ini.

1. Menambahkan bumbu atau rempah-rempah ke dalam makanan

Menambahkan bumbu dalam makanan akan memberikan variasi pada rotasi makan dan rutinitas penurunan berat badan.

Ahli gizi Tammy Lakatos Shame, RD, CDN, CFT, dan Lyssie Lakatos, RD, CDN, CFT, yang dikenal sebagai "The Nutrition Twins" mendorong kita untuk membumbui makanan dengan menambahkan rempah-rempah.

Sebab, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh kita.

"Ada dua cara untuk mendapatkan manfaatnya, pertama dengan memilih rempah-rempah termogenik yang telah terbukti meningkatkan laju metabolisme, seperti lada hitam, serta cabai, yang mengandung capsaicin dan telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan," kata mereka.

"Meskipun manfaat metaboliknya tidak terlalu besar, penelitian menunjukkan rempah-rempah dan herba juga mengandung senyawa antiinflamasi yang kuat, yang sangat penting seiring bertambahnya usia, karena peradangan membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit," jelasnya.

Secara keseluruhan, aspek antiinflamasi dari rempah-rempah dan herba meningkatkan fungsi tubuh, yang dapat meningkatkan efisiensi metabolisme sekaligus menawarkan rasa ekstra pada makanan.

The Nutrition Twins juga merekomendasikan untuk menambahkan kemangi, jahe, kunyit, peterseli, rosemary, ketumbar, jinten, lada hitam, dan rempah-rempah tambahan yang kita sukai untuk menggantikan saus yang tinggi kalori.

2. Siapkan pilihan protein yang siap saji

Memiliki camilan dan makanan berprotein yang siap saji untuk ditambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari adalah ide yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Kita bahkan perlu memikirkan pilihan makanan yang bisa dibawa ke mana saja, baik untuk makan siang atau camilan selama hari kerja.

"Protein tidak hanya penting untuk membuat kita merasa kenyang, tapi juga membantu menstabilkan gula darah dan mencegah lonjakan hormon kortisol, hormon yang menyebabkan lonjakan lemak di perut," kata The Nutrition Twins.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com