Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 7 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan Menurut Para Ahli

Kompas.com - 03/10/2023, 11:30 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Air seduhan jahe tidak hanya merupakan minuman hangat yang menyegarkan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Ada bukti bahwa minuman yang berasal dari tanaman yang telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun ini dapat membantu meringankan penyakit.

Mulai dari mual hingga kram menstruasi, dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan, air jahe bisa menjadi sangat berkhasiat.

Cara membuatnya juga mudah. Kita bisa membuatnya hanya dengan sepotong jahe segar dan air mendidih.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu jahe dan air jahe, serta manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh minuman ini.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Rutin Konsumsi Jahe Merah bagi Kesehatan Wanita

Apa Itu jahe?

Jahe adalah tanaman yang berasal dari beberapa wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Bagian tanaman yang secara tradisional digunakan dalam makanan dan untuk tujuan pengobatan adalah rimpang, atau batang bawah tanah.

Rimpangnya berbentuk bulat dan bersimpul, dengan kulit tipis berwarna krem.

Sedangkan bagian tanaman yang berada di atas tanah memiliki daun hijau yang panjang dan sempit serta bunga berwarna putih atau hijau kekuningan.

Jahe memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya, baik dalam masakan, yang sering digunakan sebagai bumbu, maupun dalam pengobatan.

Dilaporkan bahwa tanaman ini telah digunakan sebagai obat di Asia selama lebih dari 2.500 tahun dan sebagai bumbu masak setidaknya selama 4.400 tahun.

Apa itu teh jahe?

"Meskipun disebut teh (yang biasanya menggunakan daun teh), teh jahe adalah ramuan atau infus dari rimpang jahe."

Demikian penjelasan Kantha Shelke, Ph.D., seorang ilmuwan makanan bersertifikat, yang menjabat sebagai kepala sekolah di perusahaan riset dan ilmu makanan Corvus Blue LLC dan dosen senior di Johns Hopkins University.

Teh jahe dibuat dengan memasukkan jahe segar ke dalam air mendidih dan membiarkannya terendam, atau dengan mengaduk sesendok jahe bubuk ke dalam air panas.

"Menyeduh jahe segar bisa memakan waktu 10 menit atau lebih dengan air mendidih untuk mendapatkan manfaat dan mengurai tanaman."

Demikian kata Monique Richard, seorang ahli diet fungsional integratif yang memiliki praktik pribadi yang berbasis di Johnson City, Tennessee, AS.

Baca juga: Minum Jahe Merah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

Manfaat teh jahe

Seperti yang telah disebutkan, jahe sudah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun dengan manfaat kesehatan yang dihasilkan.

Namun, dalam banyak kasus, penelitian masih bersifat pendahuluan, sehingga penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan.

Selain itu, Shelke menyoroti bahwa potensi manfaat yang diperoleh dari teh jahe bergantung pada sejumlah faktor.

Faktor-faktor tersebut antara lain, seberapa kuat ramuannya, apa saja yang dikonsumsi bersamaan dengan teh jahe, bentuk jahe, dan seberapa sering teh jahe dikonsumsi.

Shelke dan Richard menyarankan untuk meminum teh jahe dalam jumlah sedang dan mencatat potensi interaksinya dengan obat pengencer darah dan obat tekanan darah.

Lalu, perlu juga dilacak efek apa yang muncul pada individu dengan gangguan pendarahan.

Individu dengan kondisi tertentu, seperti penderita batu empedu, diabetes, atau orang yang sedang hamil atau menyusui, juga dapat mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter, sebelum mengonsumsi jahe.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com