Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2023, 05:43 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikan, termasuk ikan sarden merupakan sumber pangan yang sangat bergizi dan bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan gizi, kesehatan, dan perkembangan otak.

Ikan bisa dinikmati oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Hal ini karena teksturnya yang lembut dan dapat diolah dalam berbagai cara, mulai dari sup hingga digoreng dengan tekstur yang renyah.

Kandungan protein dalam ikan sarden memberikan manfaat penting karena adanya vitamin D yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan pembentukan tulang.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, M.S., seorang ahli gizi dari IPB University dan Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, ikan tidak hanya kaya protein dan lemak sehat, tetapi juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, kalsium, zat besi, dan zinc.

Ikan, khususnya ikan sarden juga mengandung vitamin B3, B12, B9 serta mineral kalsium dan fosfor yang penting bagi tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Laut bagi Siswa, Salah Satunya Bikin Pintar

Kandungan asam lemak DHA, Omega 3, dan 6 turut memberikan manfaat penting bagi kesehatan otak dan fungsi jantung. Sementara, vitamin B12 dalam ikan sarden juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang membantu mencegah anemia.

“Ada belasan zat gizi di sana, ada protein, ada lemak lemak bagus yang namanya omega 3 ada vitamin, ada mineral, vitamin unggulannya itu vitamin D,” jelas Hardin dalam acara peluncuran Serial Edukasi #KeluargaGemarIkanBersamaABC untuk Masyarakat Sehat & Cerdas, Kamis (19/10/2023) di Jakarta.

Hardin mengatakan, mengonsumsi ikan secara teratur dapat membantu mencegah masalah gizi, seperti anemia pada ibu hamil dan anak-anak sekolah yang dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan pertumbuhan termasuk stunting.

“Dan di Indonesia juga hampir separuh ibu hamil tadi mengalami kurang darah atau namanya anemi, dan itu bisa dicegah kalau kita cukup protein,” jelas Herdin.

Selain itu, mengonsumsi ikan secara teratur juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit yang umum terjadi, seperti stroke, gangguan ginjal, dan diabetes.

Bahkan, konsumsi ikan secara teratur dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung koroner, yang saat ini menjadi penyebab kematian utama di Indonesia.

Baca juga: Ingin Tidur Lebih Baik dan Otak Lebih Pintar? Makan Ikan…

Herdin menyarankan, untuk mendapatkan manfaat ikan sarden ini kita bisa mengonsumsinya secara teratur dan dalam porsi yang cukup, minimal 100 gram sehari setidaknya 4 kali dalam seminggu.

“Bukan satu potong kecil, tapi ada penelitian yang menunjukkan berapa jumlahnya. Pertama, minimal 100g satu hari, minimal 4 hari atau 4 kali dalam satu minggu,” tambah Hardin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com