Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sennheiser Rilis Alat untuk Menjernihkan Suara di Lingkungan Bising

Kompas.com - 25/10/2023, 15:31 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Banyak orang mengalami masalah pendengaran karena berbagai sebab. Beberapa di antaranya tidak terlalu parah, tapi kerap merasa kesulitan memahami secara jelas percakapan yang dilakukan di lingkungan yang bising, seperti restoran ataupun jalanan yang sibuk.

Mereka ini bisa saja menggunakan alat bantu dengar. Namun untuk alasan penampilan dan kepraktisan, alat bantu dengar dirasa kurang pas, selain juga harganya cukup mahal.

Berangkat dari masalah tersebut, Sennheiser --brand yang kita kenal lewat earphone dan headphonenya -- merilis earbuds yang bisa memperjelas suara percakapan di lingkungan yang dipenuhi gangguan suara atau noise.

Alat baru bernama Conversation Clear Plus ini berbentuk serupa earphone wireless biasa, namun memiliki kemampuan berbeda, yakni mampu menyaring suara pembicaraan, dengan menghilangkan noise.

Dilengkapi fitur teknologi advanced speech enhancement, earbuds ini mampu menjernihkan percakapan di lingkungan yang bising.

Dengan memanfaatkan teknologi dari chip milik Sonova, percakapan serta panggilan menjadi lebih jelas berkat fitur Automatic Scene Detection dari Sennheiser, yang dapat menganalisa tingkat kebisingan atau noise dari lingkungan sekitar.

Unit earphone dari Sennheiser Conversation Clear PlusKOMPAS.com/ OIK YUSUF Unit earphone dari Sennheiser Conversation Clear Plus
"Alat ini dilengkapi Active Noise Cancellation, yang berfungsi memblokir kebisingan yang mengganggu dan meningkatkan kejernihan percakapan untuk setiap tingkat kebisingan," ujar Karin Koh, Head of Marketing Sennheiser, Asia Tenggara di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Bila fitur Active Noise Cancellation memblokir gangguan yang tidak diinginkan, maka mode Ambient Awareness memungkinkan kita bisa tetap berinteraksi dengan lingkungan sekitar saat dibutuhkan. Artinya kita bisa mengatur apakah akan menghilangkan kebisingan, atau tetap mendengar sebagian di antaraya.

Menurut Canice Koh, Sales Director untuk produk konsumen Sennheiser di Asia Tenggara, sebuah studi independen menunjukkan 95% pengguna alat ini mengalami peningkatan pendengaran yang signifikan di situasi yang bising.

Conversation Clear Plus dilengkapi aplikasi untuk memudahkan pengaturan. Ada tiga macam skenario pendengaran yang tersedia sesuai kebutuhan.

Skenario ‘Relax’ memungkinkan pengguna menyesuaikan sendiri jumlah kebisingan yang ingin diblokir, sedangkan skenario ‘Communication’ serta skenario ‘Streaming’ akan mengatur secara otomatis untuk memberikan kejernihan terbaik selama percakapan maupun streaming konten.

Teknologi true wireless yang terintegrasi, memudahkan koneksi melalui Bluetooth, sedangkan desainnya yang modern membuat kita tidak merasa canggung memakainya.

Conversation Clear Plus memiliki daya baterai hingga 9 jam, sedangkan charging case-nya dapat menambahkan waktu penggunaan hingga 18 jam, akan memudahkan pengisian daya saat berpergian.

Sennheiser TV Clear Set 2

Sennheiser TV Clear Set 2 Sennheiser TV Clear Set 2
Bersamaan dengan Conversation Clear Plus, Sennheiser juga merilis TV Clear Set 2 khusus untuk menghasilkan suara TV lebih jernih.

Dengan fungsi serupa, alat yang juga berbentuk earbuds ini digunakan saat menonton televisi untuk menghasilkan suara jernih, walau di lingkungan yang bising.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com