Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Pizza Saat Kolesterol Tinggi? Ini Cara Pilih Topping yang Tepat

Kompas.com - 08/11/2023, 07:17 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Pizza sering dianggap sebagai makanan cepat saji yang kurang sehat karena kandungan lemak jenuh dan garam yang tinggi.

Bagi kamu yang memiliki kolesterol yang tinggi mungkin kamu akan bertanya apakah boleh makan pizza jika kita sedang menjaga kadar kolesterol?

Hati secara alami memproduksi sejumlah kolesterol, sementara kita juga dapat mengonsumsi kolesterol dari sumber-sumber hewani.

Akibatnya, kandungan kolesterol dalam pizza sebagian besar bergantung pada bahan dasar hewani, seperti pepperoni, sosis, ham, dan berbagai topping daging populer lainnya.

Perlu diingat, terdapat beragam jenis pizza dengan berbagai pilihan topping. Hal ini dapat memengaruhi kualitas nutrisi pizza tersebut.

Lalu apakah aman mengonsumsi pizza jika kita memiliki kadar kolesterol tinggi?

Tidak semua jenis pizza memiliki dampak yang sama pada kesehatan. Kamu dapat membagi pizza ke dalam dua kategori, yaitu pizza ultra proses dan pizza otentik gaya Italia yang dibuat dengan bahan-bahan segar.

Baca juga: 5 Cara Terbaik untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Makanan ultra proses mengacu pada makanan yang diproduksi secara massal di industri dengan beragam bahan. Ini termasuk pizza beku dan makanan cepat saji yang terbuat dari bahan olahan seperti daging dan keju yang diawetkan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan ultra proses terkait dengan peningkatan kadar kolesterol total, kolesterol LDL (kolesterol "jahat"), dan risiko penyakit jantung.

Selain itu, makanan cepat saji cenderung memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi, mengandung lebih banyak lemak jenuh dan garam, dan ukuran porsi yang lebih besar dibandingkan dengan makanan lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan asupan lemak secara keseluruhan dalam tubuh.

Berbeda dengan pizza otentik ala Italia yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Jika dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti saus tomat segar, pizza dapat menjadi sumber antioksidan seperti likopen.

Likopen adalah pigmen yang terdapat dalam tomat. Likopen ini berperan untuk melawan radikal bebas yang berbahaya dan bahkan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Mau Tahu, Berapa Kalori Pizza Per Potong?

Jika kamu ingin mengonsumsi pizza, kamu bisa memilih toppingnya. Pilihan topping ini dapat dengan cepat mengubah pizza yang bergizi menjadi pai yang berminyak dan berkolesterol tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com