Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kebiasaan Minum yang Bisa Menyebabkan Penuaan Dini

Kompas.com - 14/11/2023, 15:18 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mempertahankan kulit yang tetap awet muda akan terasa semakin sulit seiring bertambahnya usia.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, seperti merokok, tidak pakai sunscreen dan pelembap, hingga pola makan atau minum yang tidak sehat.

Bahkan, kita yang mungkin memiliki kebiasaan minum alkohol secara teratur juga berpotensi untuk menua dengan lebih cepat.

Selain itu, mengonsumsi minuman yang tinggi gula dan pemanis buatan juga dapat mempercepat proses penuaan dari dalam maupun luar.

Baca juga: Kenali Tanda Kulit Alami Penuaan Dini dan yang Normal

Kebiasaan minum yang menyebabkan penuaan dini

Maka, untuk mencegah penuaan dini, ketahui beberapa kebiasaan minum yang perlu dihindari, sebagaimana dikutip dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Tidak memasukkan serat ke dalam minuman

Serat adalah nutrisi penting dalam memperlambat proses penuaan, dan ada beberapa cara mudah untuk memasukkannya ke dalam minuman kita.

Menurut Nutrients and Nutraceuticals for Active & Healthy Aging, konsumsi serat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia karena kemampuannya untuk membantu menurunkan penanda inflamasi dan stres dalam tubuh.

Tidak hanya itu, laporan yang sama juga mengatakan bahwa tidak mendapatkan cukup serat dapat mempercepat proses penuaan.

Lantas, bagaimana kita bisa mendapatkan serat melalui minuman sehari-hari?

Jawabannya adalah membuat smoothie sendiri dari buah-buahan dan sayuran yang kaya serat.

Memadukannya dengan susu atau alternatif non-susu dapat memberikan kita camilan atau sarapan yang seimbang dan penuh serat.

Dalam hal serat, smoothie juga lebih baik daripada jus, karena meskipun jus yang diperas segar mungkin menawarkan beberapa nutrisi yang bermanfaat, prosesnya menghilangkan sebagian besar serat dari produk.

Baca juga: Malas Pakai Sunscreen Bisa Jadi Pemicu Penuaan Dini

2. Tidak minum air yang cukup

Salah satu kunci untuk terlihat dan merasa lebih muda adalah dengan minum air yang cukup dan tetap terhidrasi.

Siapa pun yang melupakan segelas air putih mungkin tanpa sadar akan menua dalam prosesnya.

"Hidrasi yang cukup penting sepanjang hidup, karena air menyediakan lingkungan untuk reaksi metabolisme, serta bahan pembangun bagian tubuh termasuk kulit."

Demikian kata seorang ahli diet di Sekolah Profesi Kesehatan New York Institute of Technology, Mindy Haar, PhD, RDN.

Faktanya, penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet mengungkapkan, dehidrasi kronis merupakan faktor utama dalam mempercepat proses penuaan, dan bahkan dapat memperpendek usia kita melalui penyakit kronis atau kematian dini.

"Air putih menduduki peringkat teratas sebagai pemasok cairan yang ideal, bersama dengan teh dan kopi tanpa pemanis yang juga membantu," kata Mindy.

"Mengonsumsi minuman yang tepat sepanjang hidup akan memasok tubuh dengan bahan baku untuk mempertahankan fungsi yang optimal."

"Tapi, pilihan minuman yang kurang sehat dapat dikaitkan dengan penyakit kronis, sistem kekebalan tubuh di bawah standar, dan patah tulang, yang semuanya dapat menurunkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia," ungkap dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com