Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Meningkatkan Kesehatan dengan Belajar Bersyukur

Kompas.com - 23/11/2023, 14:36 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam hiruk-pikuk kehidupan yang begitu sibuk di era ini, terkadang kita merasa kewalahan sehingga cenderung mengeluh karena hal-hal tidak berjalan sesuai harapan. Ini kemudian berujung pada kondisi fisik maupun mental yang tidak stabil.

Padahal tanpa kita ketahui, cukup dengan belajar bersyukur kita dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Seorang psikolog, Lauren Alexander, PhD, mengatakan bahwa praktik bersyukur adalah sesuatu yang harus kita upayakan untuk dilakukan rutin dalam kehidupan kita sehari-hari sepanjang tahun.

“Ketika saya berbicara tentang rasa syukur dengan pasien, yang saya maksudkan adalah secara aktif dan sadar mengenali hal-hal yang membuat hidup kita lebih baik,” kata Dr. Alexander.

Baca juga: Berlatih Bersyukur demi Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Ketika disadari, rasa syukur dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan fisik dan mental. Dan ternyata banyak hal-hal kecil yang dapat kita lakukan setiap hari untuk mempraktikkan rasa syukur.

Manfaat bersyukur bagi kesehatan

Kita telah banyak mendengar bahwa dengan sering bersyukur, pikiran akan menjadi lebih damai dan tenteram. Namun sesungguhnya ada manfaat lain dari praktik bersyukur.

Rasa syukur adalah sebuah kunci yang menghubungkan pikiran dan tubuh kita dengan segala sisi positifnya. Mempertahankan pola pikir positif tidak hanya meningkatkan kesehatan mental tetapi juga menumbuhkan kebiasaan yang lebih sehat sehingga berdampak pada kesehatan fisik.

Penelitian mengungkapkan bahwa rasa syukur dapat menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan hasil pengobatan.

Selain itu, sebuah tinjauan terhadapp 19 penelitian dari tahun 2005 hingga 2023 yang melibatkan hampir 3000 partisipan bahkan mengaitkan rasa syukur dengan peningkatan kesehatan jantung.

“Jika kita bisa membiasakan bersyukur setiap hari, bahkan terhadap hal-hal kecil yang membuat kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri dan sekitar, kita bisa menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk diri kita,” kata Dr. Alexander.

Baca juga: Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Bersyukur Setiap Hari

Cara untuk melatih rasa syukur setiap hari

Di tengah gempuran zaman yang berubah-ubah, mungkin mempraktikkan rasa syukur tidak semudah yang dipikirkan, terutama jika kita sedang kurang beruntung atau sedang mengalami masa sulit. Namun hal-hal kecil ini dapat membantu kita untuk membangun rasa syukur setiap hari.

1. Tingkatkan kepercayaan diri dengan mengubah perspektif

Jika kamu pernah naik pesawat, kamu mungkin akrab dengan nasihat bahwa dalam keadaan darurat, kamu harus mengenakan masker oksigen terlebih dahulu sebelum membantu orang lain.

Ide yang sama juga berlaku dalam hal kesehatan mental dimana diri sendiri harus dijaga terlebih dahulu sebelum bisa menjaga orang lain secara efektif.

Self-care ini dapat dicapai dengan menggeser pandanganmu terlebih dahulu. Seperti ketika kamu baru mengalami hal atau hari yang buruk, cobalah untuk memfokuskan pikiran pada satu hal baik yang terjadi padamu di hari yang sama, apapun itu.

Dr. Alexander menyampaikan, “Memproses informasi secara berbeda sangat sulit dilakukan karena kita sudah terbiasa menempuh jalur yang paling sering dilalui.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com