Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Belanja Aman untuk Cegah Penipuan di Momen Liburan

Kompas.com - 18/12/2023, 20:15 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Momen liburan atau traveling sering dimeriahkan dengan agenda belanja alias shopping baik belanja online atau offline.

Khususnya di musim liburan high season seperti akhir tahun, peningkatan transaksi yang terjadi di musim liburan ini perlu disertai dengan kewaspadaan baik dari sisi konsumen, merchant hingga institusi keuangan dan jaringan pembayaran.

Belum lama ini, Visa merilis Holiday Edition Threats Report, yang bertujuan untuk mengantisipasi peningkatan aktivitas penipuan selama musim liburan di seluruh transaksi, baik dengan kartu fisik (card-present/CP) maupun secara online (card-not-present/CNP).

Data Visa menunjukkan, dari kategori top merchant yang menjadi target penipu, tingkat penipuan pada musim libur tahun 2022 meningkat 11 persen dibandingkan di luar musim libur.

Angka ini meningkat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

“Salah satu metode penipuan yang sering digunakan adalah penipuan dengan intercept OTP (one-time-password), biasanya melalui social engineering."

"Pelaku biasanya mengaku pihak dari bank atau institusi lainnya."

"Tapi jangan takut. Kita sebagai konsumen juga dapat mencegah penipuan itu agar momen liburan tetap terasa nyaman dan aman,"

Demikian kata Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, dalam konferensi pers "Traveling Pascapandemi: Emang Boleh Sefleksibel itu?" di Jakarta, Senin (18/12/2023).

Baca juga: Awas, Kecenderungan Belanja Impulsif Bisa Jadi Tanda Kecanduan 

Tips bertransaksi aman untuk cegah penipuan di momen liburan

Saat liburan, ada beberapa kewaspadaan yang perlu ditingkatkan saat melakukan pembayaran di mana pun.

Cara ini setidaknya dapat membantu kita agar momen liburan tetap terasa nyaman. Berikut tipsnya sebagaimana dikatakan Riko.

1. Periksa kembali reputasi toko

Sebelum atau saat di destinasi tempat liburan, mungkin kita akan berbelanja online atau offline untuk memenuhi kebutuhan. Namun saat berbelanja, pilihlah toko terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Bila masih ada keraguan, lebih baik riset dulu berbagai informasi seputar toko dan keasliannya.

2. Keamanan saat bertransaksi online

Saat berbelanja online, pastikan situs web menggunakan teknologi yang aman. Misalnya jika ingin melakukan checkout, alamat situs web harus dimulai dengan 'https://'.

Menurut Riko, huruf 's' adalah singkatan dari secure yang berarti data dienkripsi dan dikirim melalui koneksi yang aman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com