Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2024, 07:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Buah menawarkan segudang manfaat karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Agar memperoleh manfaat maksimal dari buah-buahan, para ahli gizi menganjurkan makan buah dalam keadaan perut kosong, seperti dilansir dari PharmEasy

Lantas, apa saja buah yang baik dimakan saat perut kosong? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga:

Untuk diketahui, makan buat saat perut kosong akan memaksimalkan proses konsentrasi mineral, vitamin, dan senyawa bermanfaat lainnya sehingga dapat membantu detoksifikasi dan penurunan berat badan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk makan buah adalah pada pagi hari setelah tubuh beristirahat sepanjang malam. Sebab,  buah-buahan mudah dicerna dan dipecah menjadi nutrisi penting, sehingga sebaiknya dimakan  tepat sebelum tubuh membutuhkan energi untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Waktu mengonsumsi buah yang baik selanjutnya adalah di sela-sela jam makan. Alasannya, pada jeda jam makan tubuh mencerna makanan dengan cepat dan mengeluarkan berbagai enzim.

Buah yang baik dimakan saat perut kosong 

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk makan buah, selanjutnya adalah mengetahui buah yang baik dimakan saat perut kosong. Jadi, kita bisa mendapatkan hasil maksimal.

1. Semangka 

Ilustrasi semangka, salah satu buah yang baik dimakan saat perut kosongPIXABAY/STEVE BUISSINNE Ilustrasi semangka, salah satu buah yang baik dimakan saat perut kosong

Dengan kandungan air yang banyak, semangka tidak hanya dapat menghidrasi tubuh tetapi juga rendah kalori. Karenanya, semangka menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi saat perut kosong. 

Buah yang memiliki kulit tebal ini, mengandung likopen, yakni antioksidan yang dapat mengurangi peradangan tubuh. Tidak lupa, kandungan air yang tinggi dalam semangka menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

2. Apel 

Ilustrasi apel, salah satu buah yang baik dimakan saat perut kosongPEXELS/PIXABAY Ilustrasi apel, salah satu buah yang baik dimakan saat perut kosong

Buah yang satu ini kaya akan serat larut, sehingga membantu pencernaan dan mengatur kadar kolesterol. Apel juga menyediakan sumber energi alami, sehingga menjadi pilihan tepat buah yang baik dimakan saat perut kosong.

Jadi, tidak heran jika ada pepatah yang mengatakan bahwa satu apel dalam sehari menjauhkan kita dari dokter. 

3. Pepaya 

Ilustrasi pepaya, salah satu buah yang baik dimakan saat perut kosong
freepik Ilustrasi pepaya, salah satu buah yang baik dimakan saat perut kosong

Anda bisa makan buah-buahan seperti pepaya dan semangka yang kaya akan antioksidan yang berdampak pada fungsi otak, menghilangkan lemak, dan menurunkan risiko kanker.

Pepaya kaya akan enzim seperti papain, yang membantu pencernaan. Ini juga merupakan sumber vitamin A dan C, serta folat yang baik

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com