Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Coba, 8 Gerakan "Wall Pilates" untuk Singkirkan Lemak Perut

Kompas.com - 20/12/2023, 06:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, ada banyak latihan maupun rutinitas olahraga yang dapat dilakukan untuk membentuk perut yang lebih ramping.

Namun, latihan seperti "wall pilates" ternyata menawarkan pendekatan yang sangat mudah dan efektif dalam membantu kita menghilangkan lemak perut.

Wall pilates merupakan latihan pilates tradisional yang dilakukan di dinding guna membentuk otot inti sambil memberikan dukungan bagi tubuh kita dari berbagai tingkat kebugaran.

Baca juga: 5 Gerakan Terbaik untuk Hilangkan Lemak Perut, Cuma 10 Menit Sehari

Nah, bagi yang tertarik mencobanya, simak beberapa gerakan mudah wall pilates untuk menyingkirkan lemak perut, sebagaimana dikutip dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Wall plank

Gerakan wall plank melibatkan beberapa kelompok otot, termasuk otot inti, untuk meningkatkan stabilitas dan kekuatan.

Dengan melakukan posisi plank di dinding, maka kita mengaktifkan otot perut, membantu menguatkan dan mengencangkan bagian tengah tubuh.

Berdirilah menghadap dinding, kira-kira sejauh satu lengan. Letakkan tangan di dinding setinggi bahu. Langkahkan kaki ke belakang, bersandar ke dinding, hingga tubuh membentuk garis lurus.

Tahan posisi tersebut selama 20 hingga 30 detik. Ulangi sebanyak tiga set.

2. Wall roll down

Wall roll down berfokus pada gerakan tulang belakang yang terkontrol, yang melibatkan otot-otot perut secara keseluruhan.

Latihan ini meningkatkan fleksibilitas dan mendorong hubungan pikiran-tubuh yang kuat, jadi sangat penting untuk mengurangi lemak perut secara efektif.

Berdirilah dengan punggung menempel ke dinding dan kaki dibuka selebar pinggul. Gulingkan tubuh secara perlahan ke bawah melalui tulang belakang, hingga menyentuh lantai.

Setelah tangan menyentuh lantai, bergulinglah kembali ke posisi berdiri. Ulangi sebanyak 10 hingga 12 repetisi. Lakukan dua set.

3. Wall squat with ball squeeze

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com