Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan yang Diyakini Bisa Membantu Meningkatkan Gairah Seks

Kompas.com - 13/01/2024, 09:08 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Pembicaraan tentang afrodisiak atau makanan yang bisa membangkitkan gairah seksual sudah ada sejak jaman dulu. Hampir setiap budaya sejak berabad-abad lalu memiliki menu makanan yang dirancang untuk membangkitkan libido dan meningkatkan stamina.

Beberapa jenis makanan yang dianggap afrodisiak mungkin terasa tidak masuk akal bagi orang modern, seperti darah kobra, teripang, cula badak, hingga torpedo atau penis kambing. 

Beberapa di antaranya dipertanyakan keampuhannya dari sudut pandang kesehatan, sedangkan lainnya ada yang ilegal karena diambil dari bagian hewan yang dilindungi.

Untungnya, temuan di dunia medis memberikan kita alternatif afrodisiak yang lebih aman, mudah didapat, dan lezat, tanpa harus bertarung dengan kobra atau memburu badak. 

Baca juga: Apakah Makanan yang Mengandung Afrodisiak Benar-benar Ampuh?

Berikut 10 makanan afrodisiak yang bisa membantu memberi dorongan gairah karena kandungannya yang bermanfaat:

Tiram

ilustrasi oyster atau tiram segar yang bisa dimakan mentah. SHUTTERSTOCK/Tuzemka ilustrasi oyster atau tiram segar yang bisa dimakan mentah.
Selain penampilannya yang menarik, kerang-kerangan ini adalah salah satu afrodisiak paling terkenal dalam sejarah karena alasan yang masuk akal. Tiram kaya akan seng, mineral yang dapat meningkatkan produksi air mani dan mengatur hormon seksual. 

Metode makan yang sensual dengan menyeruput juga diyakini dapat membantu menghidupkan gairah karena mengingatkan pada aktivitas seksual tertentu.

Cokelat

Ilustrasi apa yang harus dilakukan setelah makan manis?Shutterstock/Solid photos Ilustrasi apa yang harus dilakukan setelah makan manis?
Ada alasan mengapa coklat dianggap sebagai makanan yang romantis dan melambangkan cinta. Kakao mengandung bahan kimia phenylethylamine dan anandamide, yang meningkatkan kadar hormon serotonin di otak. Getaran euforia itu memberikan dorongan untuk bercinta.

Cabai

Ilustrasi cabai carmen.Shutterstock/aydngvn Ilustrasi cabai carmen.
Makanan pedas memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah pengaruhnya terhadap gairah. Cabai rawit merangsang ujung saraf dan meningkatkan aliran darah sehingga kita merasa lebih bersemangat.  

Cabai juga mendorong pelepasan endorfin, yang berperan dalam kenikmatan seksual. Pastikan mencuci tangan setelah menyentuh sambal atau cabai, sebelum menyentuh pasangan karena sensasi panas yang ditimbulkan akan sangat berbeda.

Baca juga: Benarkah Afrodisiak dapat Merangsang Gairah Seksual?

Delima

Beberapa buah tinggi antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, misalnya delima dan stroberi.PIXABAY/ORNA WACHMAN Beberapa buah tinggi antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, misalnya delima dan stroberi.
Buah delima, meskipun kerap susah dimakan karena bentuknya, memiliki banyak khasiat yang dapat meningkatkan gairah. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh The Male Clinic di California menemukan bahwa jus delima memiliki efek positif pada disfungsi ereksi. Delima juga kaya akan antioksidan, yang meningkatkan aliran darah dan pada gilirannya meningkatkan sensitivitas alat kelamin.

Ikan dengan omega 3

Ilustrasi salmon fillet.SHUTTERSTOCK/Bon Appetit Ilustrasi salmon fillet.
Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 – seperti salmon – membantu menjaga hormon seks dalam kondisi puncak. Salmon juga merupakan sumber protein penambah stamina yang sangat baik. Jika kamu tidak suka ikan, omega-3 bisa ditemukan pada kenari, biji labu, dan biji rami.

Kacang pinus

Kacang pinus Kacang pinus
Seperti tiram, kacang pinus kaya akan seng yang merangsang libido. Biji kecilnya dilaporkan telah memberikan stamina seksual pada pria selama berabad-abad.

Penyebutan sifat-sifatnya dapat ditemukan dalam karya penyair Romawi Ovid dan di The Perfumed Garden, sebuah panduan seks Arab kuno.

Baca juga: 7 Cara Sehat Meningkatkan Gairah Seksual bersama Pasangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com