Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Tetap Terlihat Modis meski Koleksi Baju Sedikit

Kompas.com - 31/01/2024, 10:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Tak perlu khawatir jika hanya punya sedikit pakaian di lemari. Untuk menyiasatinya dan tetap tampil gaya, kamu bisa terlihat berganti-ganti pakaian dengan cermat memilih pakaian warna dasar atau basic, seperti putih dan hitam.

"Besok pakai hitamnya tetap, atasnya ganti cokelat, sudah kayak ganti penampilan baru. Besoknya coklatnya dipakai, hitam dipakai. Jadi, warna yang bisa bolak-balik dipakai tapi tidak dihafal orang," ujar Desainer dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Naniek Rachmat dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/1/2024), seperti dikutip Antara.

Baca juga:

Sebaliknya, jika hanya memiliki koleksi baju terbatas, ia menyarankan untuk menghindari warna-warna busana cerah karena relatif mudah dikenali orang.

Senada, cutting atau potongan pakaian juga menentukan. Pakaian kebesaran alias oversized dengan potongan sederhana dan warna-warna dasar yang kini tengah menjadi tren, bisa dijadikan opsi.

"Sekarang simple cutting dan basic color. Ini sekarang tahunnya begitu, hitam, putih, beige, warna tanah, terakota, hijau army, coklat," tuturnya.

Jika ingin tampak lebih muda, Naniek menyarankan untuk memilih pakaian berbahan katun daripada sutera.

"Katun membuat kita lebih muda daripada sutera," tutur desainer yang kerap mengolah kain wastra tersebut.

Baca juga:

Kendati demikian, demi perempuan usia 50-70 tahunan, bisa memilih busana dengan warna-warna terang seperti terakota dan merah marun untuk tampilan yang lebih muda.

"Kunci dari kita yang berusia 50 tahun-60 tahun, 70 tahun tetap memakai yang terang karena kulit kita sudah dove, sudah enggak cemerlang. Harus dibantu dari baju," ucap dia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com