Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Eksim Sering Kambuh dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 05/02/2024, 12:25 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Meskipun tidak membahayakan, namun eksim kerap dirasa mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena gatal.

Lebih paranya, penyakit kulit ini kerap kambuh karena penggunaan bahan-bahan tertentu atau karena sebab lainnya.

Kamu mungkin sudah menyiapkan petroleum jelly atau salep lainnya untuk meringankan masalah eksim, tetapi bukankah lebih baik jika kamu bisa menghentikan kambuhnya penyakit tersebut sebelum terjadi?

Dermatitis atopik adalah jenis eksim yang paling umum, dan untungnya penanganannya termasuk mudah. Kuncinya adalah mengetahui pemicu kambuhnya, dan membuat perubahan yang diperlukan untuk menghindari kemunculannya di kemudian hari.

Apa itu eksim yang kambuh?

Menurut Dermatolog John Anthony, MD, eksim yang kambuh tidak hanya dapat ditandai dari tampilannya, tetapi juga dari rasanya. Kamu mungkin mengalami eksim yang kambuh jika satu atau lebih area, seperti tangan, kaki, dada, atau leher, muncul ruam yang gatal atau kering.

Lebih khusus lagi, kambuhnya eksim dapat mencakup gejala-gejala seperti:

  • Bercak merah, abu-abu, atau coklat yang meradang pada kulit
  • Kulit terkelupas, kering atau pecah-pecah
  • Kulit sangat gatal yang semakin parah di malam hari
  • Melepuh atau berdarah
  • Benjolan kecil yang mengeras dan mengeluarkan cairan

Gejala-gejala ini dapat terjadi selama beberapa minggu dan kemudian hilang, atau dalam beberapa kasus dapat bertahan lebih lama lagi. 

Namun bagi banyak orang, kambuhnya penyakit cenderung muncul kembali seperti spiral, biasanya berhubungan dengan iritan, alergi, atau pemicu tertentu.

Baca juga: Gaya Hidup dan Perawatan Diri Bisa Perbaiki Dermatitis Atopik atau Eksim

Apa penyebab eksim kambuh?

Kambuhnya eksim bisa disebabkan faktor-faktor eksternal, seperti cuaca yang panas, kulit yang terbakar sinar matahari,  berenang di kolam yang mengandung klorin, sabun yang tidak cocok, hingga stres.

Masing-masing orang bisa memiliki pemicu yang berbeda, namun kebanyakan merupakan kombinasi beberapa faktor.

Jadi, sebelum kita membahas pemicu spesifik dan cara menghindarinya, ada baiknya mengetahui bagaimana pemicu tersebut berinteraksi dengan kulit sehingga kita dapat lebih mudah mengidentifikasinya.

Menurut dr, Anthony, ada berbagai jenis pemicu atau “kontak” yang dapat menyebabkan kambuhnya eksim. Dua jenis pemicu timbulnya eksim yang utama adalah alergen dan iritan.

Alergen mungkin agak sulit diidentifikasi karena bisa jadi merupakan alergen pada bahan tertentu seperti sabun, busa mandi, atau sampo.

“Alergen melibatkan reaksi terhadap hal-hal seperti pewarna rambut, pengawet, dan pewangi,” kata Dr. Anthony. “Dan untuk menemukan biang keladinya, kita benar-benar harus mencari tahu secara spesifik dan melakukan pengujian patch.”

Selain itu, beberapa orang mungkin juga mendapati eksimnya kambuh ketika alergi lain memburuk. Untuk reaksi alergi semacam ini, ahli alergi perlu mengidentifikasi penyebab dan cara mengatasinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com