Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2024, 20:02 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Putih adalah warna favorit banyak orang, terutama saat cuaca panas. Bila kamu mengenakan gaun linen atau baju putih bersih, kamu akan terlihat segar dan menawan. 

Namun warna putih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah mudah ternoda, atau sulit dibersihkan saat terkena saus, tinta, atau pewarna lain.

Lalu, ada fakta bahwa memadukan baju atau celana putih denganpakaian dalam bisa jadi sulit—dan tidak ada seorang pun yang mau memperlihatkan celana dalam mereka ke seluruh dunia! 

Baca juga: Aturan Mengenakan Jeans Putih

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, pahami kesalahan yang kerap dilakukan orang saat mengenakan pakaian putih dan hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk menghindarinya.

Kesalahan saat memakai busana putih

1. Bahannya tembus pandang

"Apakah bajuku tembus pandang?" Ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan saat sseorang memakai busana putih. Kamu mungkin akan terkejut betapa banyak potongan transparan yang ternyata kamu miliki.

"Untuk memastikan tidak salah pilih,  cobalah pakaian putih di tempat yang lebih terang dan mintalah seseorang untuk memeriksanya apakah dia tembus pandang," saran Michelle Barrett, stylist dan pendiri Capsule Closet Stylist. 

"Umumnya lampu di ruang ganti toko dibuat agar kamu terlihat lebih keren, padahal kekuatannya berbeda dengan sinar Matahari di mana kamu akan memakai pakaian putihmu."

Jika kamu meletakkan tangan di bawah bahannya dan masih dapat melihat siluetnya, mungkin bahan tersebut cenderung transparan. Kamu juga harus memeriksa apakah kantongnya tidak terlihat tembus pandang, sehingga kurang rapi.

“Selalu pilih kualitas daripada kuantitas di bidang ini,” kata Barrett. Sepasang celana linen yang dibuat dengan baik akan lebih berarti dari pada tiga celana transparan.

Ilustrasi perempuan memakai baju putih dengan paduan sepatu hitam.Dok. Shutterstock/Unignorierbar Fotografie Ilustrasi perempuan memakai baju putih dengan paduan sepatu hitam.

2. Mengenakan pakaian dalam berwarna putih

Mungkin tampak seperti ide yang cerdas untuk memasangkan T-shirt putih dengan bra putih, namun para penata gaya mengatakan itu adalah salah satu kesalahan besar. Pasalnya, bra berwarna putih akan menciptakan kontras dengan kulit yang justru terlihat tembus melalui pakaian.

"Untuk pakaian dalam, kenakan saja warna nude atau warna kulit —jangan pernah berwarna putih— untuk memastikan pakaian dalam tidak terlihat menerawang," kata Elizabeth Kosich, pendiri Elizabeth Kosich Styling.

Sebagai bonusnya, bra warna nude kemungkinan besar juga akan cocok dengan warna pakaian lain yang kamu miliki.

Baca juga: 6 Trik Mudah Membuat Pakaian Menguning Kembali Putih

3. Memilih warna putih yang salah

Warna putih tidak hanya ada satu, tapi ada pada suatu spektrum. Jadi, seperti warna apa pun, kamu pasti ingin menemukan warna putih terbaik untukmu.

“Meskipun warna putih optik tampaknya merupakan warna pilihan, sebenarnya warna ini terlihat bagus hanya pada sedikit orang,” kata Kosich. "Sebaliknya, cobalah warna putih lembut untuk mendapatkan rona yang paling bagus—kontrasnya lebih rendah, tidak terlalu kasar, dan selaras dengan bagian putih mata kita."

Kamu juga dapat menganalisis rona kulitmu untuk menemukan warna putih sempurna, jelas Barrett. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com