Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sama-sama Cair, Apa Beda Micellar Water dan Toner? 

Kompas.com - 12/02/2024, 16:44 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Micellar water dan toner sama-sama berupa cairan, yang berfungsi untuk perawatan kulit muka. Karena bentuknya sama-sama cair, masih banyak orang yang bingung apa beda micellar water dan toner

Kedua produk perawatan kulit wajah tersebut dapat dijumpai dengan mudah di toko retail, toko kosmetik, atau toko online (marketplace). Variannya pun beragam baik brand lokal maupun merek luar negeri.

Baca juga:

Apa beda micellar water dan toner

Nah, agar tidak salah pakai, kenali beda micellar water dan toner berikut ini, dilansir dari   Cleveland Clinic dan Health News. 

Ilustrasi membersihkan muka pakai micellar waterFreepik/Kamran Aydinov Ilustrasi membersihkan muka pakai micellar water

1. Definisi 

Melansir dari Cleveland Clinic, micellar water berasal dari Perancis yakni micelle atau kumpulan molekul. Produk perawatan wajah ini digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan riasan.

Dermatologis Alok Vij, MD, menjelaskan, micellar water memiliki formula lembut (gentle cleanser) serta mengandung deterjen.

Disebut micellar water karena terdapat konsentrasi molekul sabun atau deterjen yang sangat ringan di dalam air. Pada dasarnya, seperti gelembung mikroskopis kecil yang mengambang di air, sehingga tidak terasa seperti larutan sabun,tapi hanya terasa seperti air,” jelasnya dilansir dari Cleveland Clinic. 

Sementara itu, toner merupakan produk yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, dilansir dari Health News. Toner digunakan setelah membersihkan muka, sebab banyak sabun cuci muka yang bersifat basa dan dapat mengganggu keseimbangan pH asam pada kulit waja. 

Toner dapat membantu banyak masalah kulit, seperti kulit berminyak, jerawat, kulit kering, dan kulit kusam. 

2. Kandungan

Bahan utama pada micellar water dan toner sama-sama berupa air, sehingga bentuknya cair. Namun, keduanya memiliki campuran yang berbeda. 

Perbedaannya terletak pada bahan tambahannya, (pada toner) tidak ada molekul sabun, tetapi toner punya asam alfa atau beta hidroksi dengan konsentrasi rendah, fungsinya untuk anti penuaan, anti jerawat, atau pelembab,” jelas Alok Vij dilansir dari Cleveland Clinic

Micellar water mengandung senyawa pembersih yang disebut micelles, sehingga bisa membersihkan sisa makeup, kotoran, dan minyak hingga ke pori-pori kulit.

Sementara itu, kandungan utama dalam toner adalah air yang dicampur dengan bahan aktif lainnya seperti glycerine, antioksidan seperti vitamin C, ataupun B5. Ada pula yang mengandung bahan khusus lain misalnya astringent, niacinamide dan AHA/BHA.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com