Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2024, 16:16 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Seseorang yang diperkirakan hidup sampai usia 79 tahun kemungkinan besar akan mengalami penyakit serius pertamanya pada usia 63 tahun, menurut laporan Scientific American baru-baru ini. 

Orang tersebut mungkin menjalani masa tuanya lebih dari satu dekade dalam kondisi kesehatan yang buruk dan kualitas hidup yang menurun.

Itu sebabnya para ahli medis berupaya mencari cara agar kita dapat memperpanjang rentang kesehatan, atau jumlah tahun sehat yang dinikmati, bukan sekedar panjangnya usia. 

“Fokus kita harus pada memperpanjang hidup sehat, bukan sekedar memperpanjang umur, dan memperlambat penuaan adalah cara untuk mencapai hal tersebut,” kata Jay Olshansky, pakar umur panjang di Universitas Illinois di Chicago. 

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Terbukti Bikin Orang Menua dengan Bahagia dan Sehat

Tips terus sehat meski usia bertambah

1. Teruslah menantang diri sendiri secara fisik

Ilustrasi olahraga di usia 50 tahun ke atas.Freepik Ilustrasi olahraga di usia 50 tahun ke atas.
“Dalam penelitian ekstensif mengenai penuaan dan umur panjang, saya secara khusus tertarik pada prinsip 'hormesis'. Ada gagasan menarik bahwa paparan stres dalam jumlah kecil dan terkendali dapat bermanfaat, meningkatkan kesehatan dan ketahanan kita,” kata Dr. Marios Kyriazis, ahli gerontologi dan kontributor For the Ageless. 

"Aktivitas fisik merupakan salah satu aspek yang berperan dalam hormesis. Ini bukan hanya tentang olahraga rutin tetapi sesekali mendorong diri kita keluar dari zona nyaman. Baik itu mencoba olahraga baru, meningkatkan intensitas latihan, atau bahkan sekadar lebih sering naik tangga, tantangan fisik ini dapat merangsang respons adaptif tubuh kita, membuat kita lebih bugar dan tangguh."

2. Jaga otak tetap tajam

ilustrasi teka-teki silanganaimd ilustrasi teka-teki silang
“Dari segi mental, menantang otak kita juga sama pentingnya,” kata Kyriazis. “Memecahkan teka-teki yang rumit, mempelajari bahasa baru, atau bahkan melakukan aktivitas yang menguji daya ingat dan keterampilan kognitif kita dapat menjadi 'latihan mental'. Tugas-tugas ini pada awalnya mungkin tampak menakutkan, namun sangat penting dalam menjaga pikiran kita tetap tajam."

Baca juga: Tampak Tak Menua, Ini 8 Rahasia Bugar Cristiano Ronaldo

3. Tetap bersosialisasi

Ilustrasi pertemananAID/a.collectionRF Ilustrasi pertemanan
“Kesepian dapat berperan besar dalam kesehatan kita secara keseluruhan —bahkan melebihi kesehatan mental kita. Membuat rencana bertemu teman, bahkan sekedar melakukan video call, dapat meningkatkan suasana hati seseorang dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan,” kata Dr. Katie Hill, seorang board-certified psikiater dan CMO Nudj Health.

4. Kurangi makanan olahan

Ilustrasi makanan untuk mencegah osteoporosisShutterstock/JR-50 Ilustrasi makanan untuk mencegah osteoporosis
“Mengonsumsi makanan utuh, dengan menyiapkan makanan sendiri, akan memberi landasan yang baik untuk kesehatan,” kata Dan Gallagher, ahli diet terdaftar di Aegle Nutrition.

Menurut penelitian, terlalu sering mengonsumsi makanan olahan seperti sosis dan lainnya, berdampak buruk pada kesehatan karena tingginya kandungan garam dan gula di dalamnya.

Baca juga: Menua Rupanya Dapat Membuat Hidup Lebih Bahagia

5. Tambahkan latihan kekuatan

Ilustrasi olahragashutterstock Ilustrasi olahraga
"Tambahkan beberapa jenis latihan ketahanan atau kekuatan setidaknya tiga hari seminggu," saran Gallagher. “Semakin aktif kita seiring bertambahnya usia, semakin tinggi tingkat kebugaran yang dapat kita pertahankan, yang akan membantu mencegah segala jenis kecelakaan struktural, seperti patah tulang.”

6 Pertahankan berat badan yang sehat

ilustrasi mengukur berat badan, waktu terbaik untuk menimbang berat badan.FREEPIK/JCOMP ilustrasi mengukur berat badan, waktu terbaik untuk menimbang berat badan.
“Menjaga berat badan yang sehat sangat penting” untuk penuaan yang sehat, kata Steve Theunissen, pelatih pribadi bersertifikat ISSA/IFPA. 

“Obesitas dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, jadi melakukan pendekatan pengelolaan berat badan yang berkelanjutan dan berjangka panjang adalah kuncinya. Ingat, ini bukan hanya tentang tampil menarik; ini tentang merasa sehat dan bertahan dalam jangka panjang.”

Baca juga: 7 Kebiasaan demi Menua dalam Kondisi yang Lebih Baik

7. Belajar mengelola stres

Ilustrasi meditasi untuk atasi tekanan darah tinggiUnsplash Ilustrasi meditasi untuk atasi tekanan darah tinggi
“Kita hidup di dunia yang sangat melelahkan, sangat banyak tugas, mengonsumsi kafein, dan kurang tidur tanpa henti sehingga semakin sulit untuk melepaskan diri dari stres. Stres secara langsung terkait dengan peradangan, penyebab utama penyakit segala usia yang berhubungan kanker, penyakit jantung, hingga diabetes," kata Darnell Cox, ahli gerontologi dan pelatih penuaan sehat. 

Jika ingin hidup lebih lama, kita harus mulai memprioritaskan cara pengurangan stres sebagai bagian dari gaya hidup sehat saat menua."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com