Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2024, 19:26 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, skincare menjadi kebutuhan banyak orang terutama perempuan untuk menjaga kulit tetap dalam kondisi yang baik dan sehat.

Namun, seringkali botol-botol skincare bekas yang sudah tidak terpakai hanya menumpuk dan terbuang bersama dengan sampah-sampah lainnya.

Padahal, botol skincare bekas, atau yang juga disebut sebagai beauty empties, masih bisa dikumpulkan dan didaur ulang menjadi sesuatu yang bernilai.

Nah, jika kamu memiliki banyak botol skincare yang sudah tidak terpakai, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat donasi beauty empties yang bisa dikunjungi.

Tempat donasi botol skincare bekas

1. Rekosistem

Selain sebagai perusahaan startup, Rekosistem juga menawarkan jasa pengelolaan sampah yang nantinya dapat didaur ulang oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Rekosistem.

Adapun sampah-sampah skincare menjadi salah satunya yang bisa didonasikan melalui Rekosistem.

Kendati demikian, sebelum mendonasikan sampah skincare, pastikan botol-botol yang diberikan sudah dalam keadaan bersih dan aman atau berpotensi mencemari ingkungan.

2. Waste4Change

Selanjutnya adalah Waste4Change atau W4C, sebuah platform digital yang menyediakan solusi pengelolaan sampah termasuk sampah-sampah skincare.

Hampir sama dengan Rekosistem, kamu dapat mendonasikan sampah-sampah skincare dalam berbagai kemasan, seperti kaca, plastik, kertas, dan lainnya.

Cukup memilah sampah berdasarkan jenisnya, lalu kamu bisa mengirimkan sampah-sampah tersebut ke bank sampah atau dropbox Waste4Change yang tersedia.

3. Oase Laboratories

Selain platform khusus pengelolaan sampah, kamu ternyata bisa mendonasikan botol-botol skincare bekas melalui program-program yang dibuat beberapa merek skincare.

Misalnya, salah satu merek skincare Oasea Laboratories yang berfokus pada pelestarian ekosistem laut juga baru-baru ini mengedakan program return your empties.

Dalam program ini kamu bisa mengirimkan botol atau produk skincare bekas agar tidak menumpuk di rumah.

4. The Body Shop Indonesia

Di The Body Shop Indonesia kamua juga bisa mendonasikan empties atau botol-botol skincare yang sudah tidak terpakai.

Botol-botol tersebut biasanya akan didaur ulang kembali menjadi pernak-pernik yang bisa dijual atau menjadi komponen yang bisa dimanfaatkan di dalam gerai The Body Shop Indonesia.

Baca juga: Tukarkan Botol Plastik Bekas demi Program Membuat Kaki Palsu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com