Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2024, 15:39 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Minyak rambut merupakan produk perawatan rambut yang punya banyak manfaat. Produk perawatan rambut ini, sudah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, dilansir dari InStyle

Ahli Rambut dan Kulit Kepala, Dr. Khushboo Garodia menjelaskan, minyak rambut melindungi folikel rambut dari surfaktan dengan cara mengisi celah antara sel kutikula.

“Minyak rambut membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Saat kamu memijat kulit kepala dengan lembut, hal ini membantu pengelupasan kulit dan mengurangi rambut rontok,” kata Khushboo dalam Healthline

Baca juga: 4 Tips Memilih Minyak Rambut yang Tepat 

Ilustrasi perempuan pakai minyak rambutShutterstock/New Africa Ilustrasi perempuan pakai minyak rambut

Selain itu, minyak rambut memiliki asam lemak yang membantu menggantikan lipid di rambut. Lipid di rambut bisa hilang karena penggunaan produk kimia, penataan (styling) rambut, dan polusi.

Lipid memainkan peran yang sangat penting dalam membuat rambut terlihat dan terasa sehat. Lipid juga membantu menjaga kilau rambut,” imbuhnya. 

Menurut Garodia, minyak rambut juga membantu memperkuat batang rambut, terutama pada rambut keriting dan kering. Cara pakainya cukup praktis, sehingga kamu bisa mengoleskan minyak rambut di rumah tanpa harus pergi ke salon. 

Baca juga: Simak Cara Pakai Minyak Rambut yang Benar untuk Laki-laki

Pilihan minyak rambut 

Pemilihan produk minyak rambut juga harus disesuaikan antara kandungan dan masalah rambut. Sebab, setiap minyak rambut memiliki kandungan masing-masing, termasuk khasiatnya. 

Berikut pilihan minyak rambut dan manfaatnya, dilansir Kompas.com dari Healthline dan Indiana Express. 

1. Minyak kelapa murni

Ilustrasi minyak kelapa. Freepik/chaded Ilustrasi minyak kelapa.

Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni merupakan minyak rambut yang paling sering digunakan. Minyak rambut ini cocok dipakai untuk mengatasi rambut kering dan rusak. 

Sebab, VCO mengandung asam lemak dan asam laurat yang dapat mengurangi hilangnya protein dari batang rambut. Memiliki berat molekul rendah, VCO bisa meresap dengan baik ke batang rambut sehingga memaksimalkan khasiatnya.

2. Minyak wijen 

Ilustrasi minyak wijen. SHUTTERSTOCK/ Studio Presence Ilustrasi minyak wijen.

Minyak wijen atau sesame oil dapat mengurangi masalah rambut kusut, mencegah rambut bercabang, dan mencegah ketombe. 

Khushboo menuturkan, minyak wijen tinggi kandungan vitamin B1, kalsium, tembaga, fosfor, besi, magnesium, mangan, dan seng. 

Minyak wijen juga bisa memberikan deep conditioning pada kulit kepala dan menghaluskan batang rambut. Sifat antibakteri dan antijamur minyak wijen juga dapat membantu mencegah ketombe,” jelasnya dalam Healthline

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com