Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Rambut Keriting Menggunakan Curl Cream Setiap Hari?

Kompas.com - 25/05/2024, 14:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.comCurl cream adalah produk penata rambut khusus rambut keriting yang bisa dikatakan cukup berbeda dengan produk penata rambut pada umumnya.

Sebab, biasanya curl cream mengandung campuran minyak alami dan protein, yang mana masing-masing berperan penting dalam kesehatan rambut.

Minyak kelapa dan argan, misalnya, memberi kelembapan dan kilau pada rambut. Sementara protein membantu memperkuat batang rambut, sehingga mengurangi kerusakan.

Kendati demikian, apakah boleh menggunakan curl cream setiap hari pada rambut keriting?

Baca juga: Berapa Kali Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting?

Menggunakan curl cream setiap hari

Kelebihan

Dikutip dari Controlled Chaos Hair, Sabtu (25/5/2024), menggunakan curl cream setiap hari dapat membantu menjaga rambut keriting tetap lembap. Bahan ini diformulasi agar lebih menyerap ke setiap helai rambut.

Krim ini juga mengandung bahan-bahan yang mampu melawan kering yang umum terjadi pada rambut keriting. Selain itu, penggunaan teratur dapat membantu mempertahankan pola rambut alami secara konsisten.

Sepanjang hari, pola keritingmu akan tampak lebih tegas dan jelas meski terpapar embusan angin. Sebab, curl cream juga membantu mencegah kekusutan.

Formulasinya dapat menghaluskan kutikula rambut, sehingga kekusutan bisa dicegah agar pola keriting alami tampak lebih indah.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Keriting agar Tidak Kering dan Kusut

Kekurangan

Meski ada sederet kelebihan dari menggunakan curl cream setiap hari, tidak menutup kemungkinan penggunaannya juga mampu menimbulkan efek negatif.

Salah satunya adalah penumpukan produk. Menggunakan terlalu banyak produk, atau tidak membersihkannya dengan benar, bisa menyebabkan penumpukan.

Ketika mengalami penumpukan produk di batang rambut, rambut keriting akan tampak berminyak. Lebih parah lagi, penumpukan bisa menyebabkan rambut keriting yang tipis tampak lepek.

Cara menggunakan curl cream

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari curl cream, sebaiknya gunakan dengan cara yang tepat. Mulailah dengan menggunakan sedikit krim. Kamu bisa selalu menambahkannya sesuai kebutuhan.

Kemudian, pastikan untuk mengoleskan curl cream secara merata ke seluruh rambut. Fokuskan pada bagian tengah dan ujung rambut karena keduanya termasuk area yang cenderung paling kering.
Dengan kata lain, curl cream aman digunakan setiap hari. Hanya saja, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak sampai membuat rambut berminyak dan lepek.

Baca juga: Ketahui, Ini Manfaat Menggunakan Curl Cream pada Rambut Keriting

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com